top of page

Fungsi dan Cara Menggunakan Tang Penjepit Segitiga



Perkakas tangan yang mungkin sangat familiar bagi Anda karena sering digunakan dalam kegiatan perbengkelan, pertukangan, dan kegiatan dalam dunia teknik lainnya, pastinya itu adalah tang. Nah adapun tang memiliki banyak sekali jenis serta ragamnya yang dapat disesuaikan dengan pengerjaannya. Setidaknya walau tidak memiliki, pastinya banyak orang akan mudah mengerti serta paham bagaimana cara penggunaan tang.


Tang mempunyai bermacam-macam bentuk dan ukuran, yang mana selain bentuk, ukuran tang juga berbeda-beda tergantung ukuran bendanya yang bisa disesuaikan. Ada banyak jenis tang, seperti salah satunya yang memiliki berbagai sebutan atau tidak asing bagi banyak orang adalah tang penjepit dengan bentuk segitiganya. Layaknya tang, tang penjepit segitiga juga memiliki fungsinya tersendiri, begitu juga dengan cara menggunakannya secara tepat.


Inilah Fungsi dan Cara Menggunakan Tang Penjepit Segitiga dengan Tepat dan Benar


Tang penjepit segitiga bukanlah tang yang bisa menjepit segitiga, melainkan itu ada ciri dari bentuk tang itu sendiri yang seperti segitiga. Tang penjepit segitiga bisa dibilang sebagai tang kombinasi, karena tang yang bentuk kepalanya seperti segitiga itu memiliki banyak fungsi yang beragam. Adapun itu ia dilengkapi dengan grip yang biasa terbuat dari karet, ini berguna agar saat grip atau menggunakannya, tangan tidak selip karena basah dari keringat atau sebagainya.


Fungsi-Fungsi dari Tang Penjepit Segitiga yang Perlu Anda Semua Ketahui

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, tang penjepit segitiga adalah tang kombinasi, ini karena tang tersebut memiliki berbagai fungsi yang sangat bisa dikombinasikan. Nah adapun itu fungsi-fungsinya antara lain:


  • Menjepit objek, karena seperti namanya tang penjepit segitiga bisa untuk menjepit berbagai macam objek dengan berbagai tujuan pengerjaannya.

  • Selain menjepit, tang penjepit segitiga juga bisa digunakan untuk memotong, seperti memotong kawat, kabel, dan sebagainya yang memungkinkan bagi tang tersebut untuk dipotong olehnya. Ini bisa dilakukan tang dengan jepitan tang yang kuat, atau bisa juga mengandalkan gerigi pada mulut tang.

  • Tang penjepit segitiga juga bisa dipergunakan untuk mengupas kabel, yang mana itu dilakukan ketika kulit kabel terlebih dahulu disayat, barulah kulit tersebut dibuka dengan hati-hati oleh tang penjepit segitiga.

  • Kemudian tang penjepit segitiga juga bisa dipergunakan untuk melilit kabel, yakni berbagai macam kabel yang ada.

  • Dengan jepitan dari tang ini, maka tang penjepit segitiga bisa digunakan untuk menarik objek keras yang tertancap begitu dalam. Seperti paku, atau sebagainya yang bisa dicengkram oleh kepala tang tersebut.

Cara Menggunakan Tang Penjepit Segitiga yang Benar untuk Anda Bisa Ikuti

Cara menggunakan tang penjepit segitiga sebenarnya tidak jauh berbeda dari penggunaan tang pada umumnya. Nah penggunaan tang ini memang juga mirip dengan alat bernama gunting, hanya saja jari pada tangan tidak dimasukan pada grip tang yang memang tidak ada lubang khusus untuk masuk jari. Untuk jelasnya, berikut adalah cara serta panduan yang benar dalam menggunakan tang penjepit segitiga:


  1. Pegang tang layaknya jari tangan memegang benda seperti grip pada gunting. Hanya saja jari tidak perlu dimasukan pada grip tang tersebut.

  2. Ada banyak kombinasi pengerjaan yang bisa dilakukan oleh tang penjepit segitiga, jadi jika ingin menjepit Anda hanya perlu menekan atau seperti meremas kedalam jari Anda sampai mulut atau kepala tang menjepit benda yang diinginkan.

  3. Pastikan tangan tetap menggenggam tanpa sedikit membukanya, yang mana ini dilakukan sampai objek atau benda tersebut tertarik, atau terjepit dengan keinginan Anda.

  4. Lepas genggaman jika dirasa pekerjaan dengan tang penjepit segitiga sudah selesai adanya.


Sekian artikel informasi dari kami mengenai fungsi dan cara menggunakan tang penjepit segitiga dengan tepat serta benar. Kiranya artikel ini jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada yang lainnya. Anda yang tertarik dengan tang atau perkakas lainnya, maka rekomendasi yang terbaik serta berkualitas ada pada perkakas Tenka. Untuk bisa mendapatkannya serta mengetahui lebih lanjut terkait perkakas Tenka, maka Anda bisa kunjungi IndahJaya.com


Comments


bottom of page