top of page

Apa Itu Shackle? Fungsi, Jenis, dan Cara Penggunaannya yang Aman



Ketika Anda ingin mengambil suatu barang, yang notabene berat, pastinya Anda akan mencari suatu pegangan yang memang tepat agar benda tersebut benar terangkat. Nah itu juga berlaku bagi alat-alat kerja seperti crane dan hoist, yang mana crane dan hoist bisa memungkinkan lifting bendar besar dan berat, dikarenakan adanya pengait pada benda atau alat yang dimaksud, seperti pada crane hoist atau objek tertentu.


Selain menggunakan magnet, crane hoist bisa lifting karena adanya pengait yang ada pada benda tertentu, yaitu pada hook di crane hoist perlu mengaitkan pada suatu kaitan di benda atau objek yang ingin diangkat. Nah objek tersebut merupakan objek yang Anda kurang begitu namanya, yaitu shackle. Apa itu shackle dan apakah ada jenisnya, serta bagaimana cara penggunaannya yang aman, semua itu akan kami jelaskan di artikel ini!


Mengenal Lebih Lengkap Tentang Shackle

Apa itu shackle? Shackle secara langsung bisa diartikan dalam bahasa Indonesia sebagai sebuah segel. Namun bukan berarti dia benar-benar adalah segel yang Anda kenal selama ini. Shackle pada dasarnya adalah sebuah alat bantu untuk mengangkat suatu barang besar dan berat alias rigging, yaitu sebagai penyambung antara sling dengan objek yang akan diangkat. Nah secara spesifik, shackle merupakan alat penyambung sling, baik itu chain, wire rope, maupun webbing yang biasa digunakan pada aplikasi lifting, towing ataupun lashing.


Shackle pun juga bisa juga untuk menyambung rantai pada aplikasi dapra, pagar dan juga dekorasi, ataupun lain sebagainya yang memang sesuai. Nah dengan demikian, shackle dapat dianggap sebagai alat bantu penyambung, yang mana umumnya dia terbuat dari bahan steel. Kemudian bentuk umumnya pun juga melengkung seperti huruf U, dimana pada bagian ujungnya terdapat lubang untuk memasang sebuah pengunci khusus.


Inilah Jenis-Jenis dari Shackle yang Perlu Anda Ketahui

Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis shackle yang perlu Anda ketahui semuanya:

  • JIS Type: Atau shackle galvanis atau dee galvanis. Bahan bakunya menggunakan mild steel. Jenis ini tidak memiliki nilai breaking load. Kemudian segel ini tidak cocok untuk mengangkat barang-barang terlalu berat, cocok diaplikasikan pada Dapra, Pagar dan juga Lashing.

  • Jenis SWL: Jenis ini bahan baku utamanya dari carbon steel atau campuran baja dan karbon. Bahan baku cukup kuat dan memiliki nilai load, serta bisa diaplikasikan untuk lifting dan juga towing.

  • Shackle Dee: Ciri dari shackle ini adalah bentuknya yang menyerupai huruf D. Jenis ini cocok sekali digunakan untuk mengangkat barang yang menggunakan rantai atau chain sling. Dengan bentuk yang menyerupai huruf D, maka rantai bisa terpasang dengan benar pada lubang segel, serta gesekan antara rantai dengan segel juga bisa diminimalisir.

  • Shackle Omega: Shackle ini berbentuk seperti lambang omega atau tapal kuda. Umumnya, penggunaannya biasanya untuk lifting atau towing yang menggunakan wire rope, misalnya wire rope sling. Nah lubang kait jenis ini didesain lebih besar dibandingkan tipe Dee.

  • Screw Pin: Ini adalah shackle yang berdasarkan jenis penguncinya yakni screw pin. Segel jenis ini menerapkan bentuk pin dengan pemutar scrup, tapi tidak menggunakan pengunci. Pengaplikasiannya adalah dengan mengencangkan sampai batas ulir agar tidak lepas. Screw pin sendiri sering digunakan untuk kebutuhan yang tidak permanen dimana segel bisa dibongkar pasang dengan mudah.

  • Round Pin: Penguncian round pin pada shackle ini memakai bentuk pin dengan pengunci pada bagian ujungnya. Jenis ini tidak menggunakan ulir sebagai pengencang. Sama seperti jenis screw pin, jenis ini diaplikasikan juga untuk non permanen.

  • Bolt dan Nut Type (Mur Baut): Segel jenis pada shackle ini menggunakan pin berbentuk menyerupai kepala baut, serta ia memiliki pengunci baut dan pengunci pinnya juga. Jenis ini merupakan jenis yang paling aman, sehingga dengan begitu biasanya ia bisa diaplikasikan untuk offshore.


Inilah Cara Penggunaan Shackle yang Aman

Penggunaan shackle yang aman adalah memastikan bahwa itu sesuai dengan shackle itu sendiri. Penggunaannya pun juga cukup mudah, yaitu Anda hanya cukup memutar dan melepas bagian PIN nya saja dari Drat yang terdapat di Body Shackle. Pastikan sesuai dan terpasang dengan benar dan juga tepat, atau pastikan lakukan pemeriksaan untuk menyakinkan.


Itulah segalanya tentang shackle yang perlu Anda ketahui, sekian dan semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Nah bilamana Anda ingin memiliki crane dan hoist, maka rekomendasi dari kami yang terbaik dan berkualitas adalah Elephant Hoist and Crane, yang mana itu bisa Anda semua ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Comments


bottom of page