top of page

Selang Industri PVC: Kelebihan, Kekurangan, dan Cara Memilih yang Tepat untuk Kebutuhan Anda



PVC itu merupakan polimer yang tersusun atas monomer vinil klorida. PVC bersifat lebih tahan api dan lebih kuat daripada polietilena. PVC juga umum digunakan sebagai bahan piringan hitam, pipa, tongkat, pelapis lantai, bahkan pembungkus kabel. Nah PVC yang digunakan sebagai pembungkus kabel pun kurang lebih sama dengan selang, yakni menjadi selang PVC yang memang memiliki kelebihan dan kekurangannya.


Selang PVC atau polyvinyl chloride umumnya digunakan dalam banyak keperluan seperti selang pneumatik, selang air, irigasi, konstruksi dan juga ada dalam industri seperti cat, minyak dan bahan makanan atau minuman. Hal itu dikarenakan karakteristik yang dimiliki PVC mendukung pengerjaan tersebut. Namun meski begitu, selang PVC pun juga memiliki kekurangan, yang mana itu akan kami jelaskan serta cara memilihnya di bawah ini!


Kelebihan dan Kekurangan dari Selang Industri PVC yang Perlu Anda Ketahui Semuanya


Inilah Kelebihan dari Selang Industri PVC yang Wajib untuk Diketahui

  • Selang industri PVC merupakan selang yang terbuat dari bahan PVC. Sebagaimana yang banyak diketahui orang, PVC memiliki harga yang murah, jadi selang PVC pastinya juga murah dan sangat bermanfaat di industri. Meskipun harganya murah, tetapi kualitas yang Anda dapat dari selang PVC tetaplah selang yang berkualitas dan terbaik.

  • PVC sendiri terkenal karena memang ia sangat tahan terhadap panas, bahkan juga pada bahan kimia. Jadi dengan selang yang terbuat dari bahan PVC, maka selang industri tersebut pastinya memiliki durabilitas tinggi, terutama jika digunakan di daerah yang beriklimkan tropis.

  • Selang industri PVC memiliki durabilitas yang tinggi, jadi dengan demikian selang tersebut pun memang bisa tahan lama serta awet, tetapi tetap harus juga diimbangi dengan perawatannya.

  • Karena bahan PVC pada selang tersebut pun juga sangat mudah untuk dibentuk karena sifatnya yang elastis. Maka dari itulah PVC sering digunakan untuk pembuatan plafon. Jadi bisa ditarik kesimpulan, bahwa selang industri PVC itu memang fleksibel yang bisa digunakan di celah-celah sempit.

  • Karena bahannya utamanya selang PVC sangat ringan, maka ia pun mudah untuk dibawa dan juga sangat mudah untuk dipotong. Sehingga dengan begitu maka selang PVC pun sangat mudah untuk dipasang di berbagai macam tempat yang tinggi maupun dalam tanah.


Inilah Kekurangan dari Selang Industri PVC yang Wajib untuk Diketahui

  • Kualitas selang PVC diklaim tahan terhadap paparan sinar matahari, akan tetapi sayang selang industri PVC memiliki sensitifitas tinggi ketika terkena paparan sinar matahari apabila itu terlalu lama dan sering. Dampaknya memang bisa menyebabkan mengurangi lifetime pipa PVC itu sendiri. Tetapi masalah tersebut dapat diselesaikan, yaitu dengan melakukan pengecatan latex di pipa PVC, sehingga itu bisa berdampak untuk memperpanjang umur selang tersebut.

  • Selang PVC memang tidak mudah meleleh, tetapi itu juga termasuk dalam bagian kekurangannya. Nah karena tidak mudah meleleh, maka selang tersebut akan sulit untuk didaur ulang.

  • Selang industri PVC pun nyatanya tidak ramah lingkungan. Alasannya karena PVC itu tidak bisa melebur dengan tanah dengan cepat karena bahan utama plastik, apalagi jika selang PVC dilelehkan, maka akan sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Akan tetapi bekas PVC dapat dikreasikan menjadi pipa hidroponik atau barang lainnya.

  • Masih berkaitan dengan daur ulang, selang PVC itu mengandung klorin. Jadi jika selang PVC dibakar atau dilelehkan maka akan menimbulkan asap yang berbahaya untuk tubuh manusia karena mengandung klorin. Itu karena klorin dapat menyebabkan iritasi pada hidung, tenggorokan, paru-paru yang memicu batuk-batuk, sakit perut, muntah, iritasi mata hingga kematian.


Cara Memilih Selang Industri PVC yang Tepat untuk Kebutuhan Anda

  • Pilih panjang selang sesuai kebutuhan, yakni dengan tentukan berapa meter panjangnya selang yang akan Anda gunakan saat melakukan pekerjaan.

  • Pilih seberapa tebal selang yang akan Anda gunakan, itu karena tebal selang akan mempengaruhi derasnya aliran air yang akan keluar

  • Anda bisa mempertimbangkan biaya yang akan dikeluarkan, karena panjang selang akan mempengaruhi harga yang ditawarkan

  • Tentukan pilihan nosel/ujung selang yang dapat diatur semprotannya.

  • Pilihlah selang PVC yang memiliki perlindungan antimikroba untuk menahan tumbuhnya bakteri dalam selang.


Itulah kelebihan dan kekurangan serta cara memilih selang industri PVC yang tepat untuk Anda. Sekian semoga bermanfaat bagi Anda semua. Bilamana ingin mencari selang terbaik dan berkualitas, maka rekomendasi kami adalah selang Toyox yang bisa Anda ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page