top of page

Mengenal Beberapa Penyebab Genset Tidak Keluar Arus Listrik yang Menjengkelkan



Mesin Genset bisa berperan sebagai sumber energi listrik, yang mana itu bisa digunakan untuk pengganti energi listrik saat terjadi pemadaman listrik dari PLN. Namun sayangnya, Genset terkadang tidak bekerja secara benar dan juga optimal, yang mana Genset bisa saja tidak mengeluarkan arus listrik yang seharusnya, sehingga dengan begitu malah membuat Genset tidak ada gunanya lagi untuk digunakan apa lagi dipertahankan.


Nah ada masalah atau kerusakan, pastinya ada penyebabnya, sehingga dengan begitu bagi Anda yang mengalami masalah berupa Genset tidak mengeluarkan arus listrik, maka Anda harus tahu apa penyebabnya. Jika Genset tidak mengeluarkan arus listrik, maka Anda perlu tahu penyebabnya melalui pembacaan artikel kami pada kesempatan kali ini, yang mana ketika Anda sudah tahu penyebabnya maka Anda bisa segera atasi dengan tepat.


Inilah Beberapa Penyebab yang Bisa Menyebabkan Genset Tidak Keluar Arus

AVR Genset Rusak

Jika Genset sama sekali tidak keluar arus listrik, maka bisa jadi masalah tersebut dari adanya AVR yang mati atau memang sudah rusak. Hal itu bisa terjadi, dikarenakan memang AVR adalah Automatic Voltage Regulator yang berfungsi mirip seperti kapasitor, yaitu untuk mengatur keluarnya arus listrik dari generator.


AVR yang dimiliki oleh mesin Genset biasanya memiliki listrik yang berkapasitas di atas 2500 watt. Nah ciri dari AVR genset yang rusak, adalah berupa AVR yang meleleh, atau sambungan kabel yang tidak terhubung, atau juga bisa karena fisik AVR yang mengalami keretakan. Untuk mengatasinya, maka cara terbaik adalah mengganti AVR yang baru dengan kapasitas daya listrik dan bentuk yang sama seperti yang diganti.


Generator Terbakar

Kemudian Genset yang tidak keluar arus listrik bisa juga dari adanya generator yang terbakar, itu karena memang generator adalah komponen Genset yang berupa gulungan tembaga. Nah terbakarnya generator, bisa dari adanya menempelnya bagian stator dan rotor. Sehingga dengan begitu bisa membuat generator menjadi cepat panas dan semakin lama akan terbakar. Nah untuk mengatasinya, yaitu dengan cara menggulung gulungan tembaga yang ada pada generator tersebut, atau bisa juga mengganti stator dan rotor dengan yang baru.


Kabel Output Putus

Tentunya Genset mempunyai generator yang fungsinya untuk menghasilkan arus listrik, jadi arus listrik yang keluar dari generator selanjutnya akan dialirkan oleh kabel menuju lubang stop kontak pada mesin Genset. Namun, kabel output berkemungkinan bisa meleleh, yang mana itu bisa disebabkan karena tidak kuatnya menahan panas listrik. Sehingga itu pun bisa mengakibatkan arus listrik yang keluar dari generator akan terputus.


Untuk mengatasinya atau memperbaiki Genset tidak keluar arus listrik karena kabel output putus tersebut, yaitu caranya adalah dengan mencari jalur kabel yang keluar dari generator. Lalu apabila ternyata ada kabel yang memang terputus, maka Anda bisa coba menyambungkan dan tutup kembali dengan selotip, lalu cek ulang dengan alat multitester.


Gulungan Exciter Rusak

Nah ada juga penyebab yang bisa membuat Genset yang tidak keluar arus listrik dari adanya gulungan exciter yang mengalami kerusakan, contohnya seperti terbakar atau juga mengalami kebocoran. Anda yang ingin mengatasinya, maka cara memperbaikinya adalah dengan memeriksa gulungan exciter lalu lakukan pengukuran nilai tahanan menggunakan alat multitester ohm atau bisa juga dengan ohmmeter. Selanjutnya cobalah periksa kebocoran pada isolasi kabel gulungan, kemudian lepaskan masing-masing kabel dari terminalnya, hingga Anda mengganti gulungan exciter tersebut.


Jadi itulah beberapa penyebab Genset yang tidak keluar arus listrik. Kiranya jadi manfaat bagi Anda dan semuanya. Jika Anda tertarik ingin memiliki atau mengganti Genset lama Anda, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas dari kami adalah Genset Tenka. Mengenai Genset Tenka, tentunya Anda bisa coba kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


Comments


bottom of page