top of page

Inilah Beragam Penyebab AVR Genset Rusak Agar Tahu Solusinya



Sebagai alat atau mesin yang sangat diandalkan dalam menjadi pembangkit listrik di kala tempat tidak adanya daya listrik, maka jelas Genset begitu diminati banyak orang. Namun Genset yang bisa mengeluarkan tegangan pastinya tidak hanya semata begitu saja, karena ada komponen seperti AVR yang bisa membantu Genset dalam mengeluarkan tegangan listrik, yang mana ia berperan sebagai penyesuaian tegangan pada suatu Genset.


Nah AVR atau Auto Voltage Regulator adalah bagian penting pada Genset, karena ia berfungsi menstabilkan atau menyeimbangkan tegangan listrik, sehingga dengan begitu perangkat listrik yang terhubung tidak mengalami lonjakan tegangan yang bisa merusak perangkat listrik tersebut. Namun sayangnya, AVR pada Genset pun bisa rentan rusak, yang dimana penyebab-penyebabnya bisa anda ketahui di artikel ini!


Inilah Beragam Penyebab AVR yang Ada Pada Genset Rusak

AVR adalah bagian penting dari sebuah Genset, tetapi apabila AVR rusak maka akan terjadi beberapa kerugian. Nah AVR yang rusak tentunya akan membuat tegangan Genset akan berubah-ubah dan tidak stabil, yang mana itu akan berdampak buruk bagi peralatan elektronik yang terhubung arusnya dengan Genset tersebut.


Nah penyebab AVR Genset mengalami kerusakan, tentunya itu bisa disebabkan oleh lonjakan daya yang sangat besar yang terjadi secara tiba-tiba. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya daya kejut yang sangat besar. Nah hal itu terjadi karena memang komponen AVR tidak dapat menstabilkan secara tiba-tiba dan butuh waktu yang lebih lama untuk menstabilkannya. Sehingga dengan begitu maka tidak heran jika AVR Genset yang mengalami kerusakan fatal akan menyebabkan arus pendek.


Kejadian tersebut pun sebenarnya masih bisa terjadi karena disebabkan oleh instalasi arus listrik yang tidak mempunyai ketahanan isolasi yang bagus. Selain itu ada juga dari kondisi di dalamnya yang juga kurang bagus yang dapat membuat AVR Genset rusak, baik itu fisiknya yang luka atau memang mengalami kegagalan sistem. Namun menetapkan AVR Genset rusak tidak harus dilakukan terburu-buru, karena bisa saja bukan dari komponen AVR yang rusak melainkan ada dari komponen lain atau faktor lainnya.


Cara Mengetahui Jika AVR Pada Genset Rusak

Nah agar tidak salah menetapkan bahwa AVR Genset rusak, maka berikut ini adalah cara yang dapat membuat anda tahu apakah AVR Genset rusak atau tidak.


  1. Untuk cara pertama, anda bisa mencoba membongkar Generator Genset anda masing-masing, tetapi dengan melakukan pembongkaran yang benar sesuai dengan jenis atau ragam Genset itu sendiri. Namun jangan membongkar Genset di saat ia menyala atau masih panas.

  2. Lalu ketika sudah berhasil dibongkar dengan terstruktur dan juga rapi, maka pada tahap ini anda bisa lihat serta memastikan apakah ada bagian yang meleleh, terbakar, pecah atau tidak dalam Genset tersebut. Nah jika memang ada salah satu yang kami sebutkan tersebut, maka segeralah ganti dengan yang baru tanpa menunggu lagi.

  3. Untuk mengetahui AVR Genset rusak atau tidak, maka ada cara mudah dan cepatnya, yang mana anda bisa mengandalkan alat bernama “Multitester”. Caranya anda bisa atur alat tersebut ke hambatan arus, kemudian periksa semua bagian jalurnya. Nah bila ada jalur atau arus yang tidak terhubung, maka bisa disimpulkan adanya komponen yang rusak pada suatu AVR Genset.

Jadi itulah beragam penyebab AVR Genset yang rusak, dimana itu bisa membuat anda dapat menyimpulkan untuk melakukan perbaikan atau solusi pada masalah AVR Genset yang rusak. Semoga bermanfaat dan bisa membuat anda paham dan mengerti solusi untuk perbaikan AVR Genset yang rusak. Nah jika anda tertarik ingin memiliki Genset terbaik dan berkualitas, maka rekomendasi kami ada pada produk Tenka. Mengenai Genset Tenka, anda bisa kunjungi di IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


Comments


bottom of page