top of page

Pemanfaatan Jig Saw dalam Industri Kerajinan Kayu



Dalam bidang pekerjaan konstruksi, tentunya bukan hanya tentang menyesuaikan

bahan material atau bangunan, melainkan juga ada pengerjaan yang berkaitan dengan potong memotong. Dalam pengerjaan potong memotong dalam konstruksi, tentu untuk memungkinkan itu haruslah dengan alat khusus, yakni bisa dengan gerinda atau umumnya adalah gergaji. Nyatanya, gergaji juga termasuk perkakas tangan yang memiliki beberapa jenis.


Ada banyak jenis gergaji yang dapat disesuaikan cara penggunaannya, yang mana semuanya memang berguna untuk memotong. Perlu Anda ketahui, ada salah satu jenis gergaji yang dikenal dengan nama sebuah film, yakni gergaji Jig Saw atau Jigsaw. Nah apa itu alat bernama Jig Saw serta kegunaan dan manfaatnya dalam industri seperti industri kerajinan kayu? Untuk mengetahuinya, maka Anda bisa simak artikel ini selengkapnya!


Mengenal Alat Jig Saw yang Sangat Berguna dalam Industri Kerajinan Kayu


Bukan film, ternyata memang Jig Saw ada di dunia nyata, tetapi bukan karakter seram yang berasal dari franchise Jig Saw. Nah Jig Saw merupakan suatu perkakas yang sangat berguna dalam industri kerajinan kayu. Itu karena Jig Saw adalah salah satu jenis gergaji yang ternyata bisa digerakan dengan mesin. Jelasnya, Jig Saw adalah mesin yang bergerak naik turun dan dapat digunakan untuk memotong kayu serta membentuk potongan yang berlekuk.


Dengan penerapannya tersebut, maka gergaji mesin ini cocok sekali digunakan untuk memotong triplek yang tebal dengan bentuk lingkaran atau oval, serta bisa juga pada kerajinan kayu. Sayangnya meski begitu, perlu diketahui bahwa untuk triplek yang tipis, penggunaan gergaji ini kurang cocok karena akan menghasilkan potongan yang tidak rata. Jadi dengan begitu tidak heran jarang ada mesin ini di industri triplek, tapi umum ada di industri yang berkaitan dengan kerajinan kayu.


Jenis Mata Pisau pada Gergaji Jig Saw


Jig Saw memiliki beberapa mata pisau yang memang dapat diandalkan untuk potongan kayu dalam menghasilkan kerajinan kayu. Tapi itu dibedakan dari jenis-jenis mata pisaunya, yang mana jenis tersebut adalah:

  • Milled Side Set Teeth: Jenis pisau untuk Jigsaw yang memiliki bentuk mata gergaji yang tidak lurus, dengan bagian kiri dan kanannya yang menonjol di masing-masing mata pisaunya.

  • Milled Wavy Set Teeth: Jenis mata pisau yang satu ini lebih lurus dan cenderung bisa stabil. Sehingga dengan begitu, maka mata pisau Jigsaw ini dapat memberikan hasil pemotongan yang halus dan juga bisa rapi.

  • Ground Taper & Ground Teeth: Untuk jenis mata pisau Jigsaw ini, sebenarnya ia memiliki kesamaan dengan jenis mata pisau milled wavy set teeth. Yaitu sama-sama memiliki mata pisau yang lurus dan stabil serta memberi hasil potongan yang halus dan rapi. Dengan begitu, Anda bisa pilih salah satu atau jadikan salah satu sebagai pilihan alternatif.

  • Ground Side Set Teeth: Mata pisau Jigsaw ini memiliki tonjolan ke kanan dan ke kiri, sehingga dari cirinya tersebut maka ia dapat memberikan hasil potongan yang kurang halus, tetapi masih bisa memberikan kecepatan yang lebih cepat pada proses pemotongannya.

  • Ground Reverse Set: Kemudian untuk jenis mata pisau Jigsaw ini sendiri adalah jenis yang lebih halus dan lurus, yang mana memang dapat digunakan untuk memotong kayu yang lunak dan juga halus.


Itulah artikel dari kami yang membahas pemanfaatan Jig Saw dalam industri kerajinan kayu, yang mana memang dia sangat bermanfaat dan berperan penting dalam menghasilkan kerajinan dari kayu. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Untuk perkakas terbaik dan berkualitas dari Tenka, Anda bisa mengunjungi selengkapnya di IndahJaya.com


Comments


bottom of page