top of page

Informasi Lengkap Apakah Natrium Benzoat Berguna dalam Pengolahan Limbah Sisik Ikan



Natrium benzoat adalah pengawet yang bisa ditambahkan ke makanan dan produk-produk kemasan lainnya untuk memperpanjang usia penyimpanan. Nah dari pengertian itu saja, pastinya dapat disimpulkan bahwa natrium tersebut berbahaya. Namun sebenarnya, beberapa pendapat sudah mengatakan bahwa natrium benzoat sebenarnya tidak berbahaya, sementara yang lain mengaitkannya dengan kanker dan masalah kesehatan lainnya.


Banyak pendapat yang memang menjerumuskan natrium benzoat boleh digunakan, atau juga tidak boleh digunakan. Bahkan ada juga pendapat yang memang mengatakan bahwa natrium benzoat adalah natrium yang sangat berguna dalam pengolahan limbah dari sisik ikan. Nah benarkah itu? Tentunya Anda yang ingin mengetahui jawabannya, maka Anda semua bisa simak artikel ini selengkapnya!


Informasi Lengkap Mengenai Apa Itu Natrium Benzoat?

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, beberapa pendapat sudah mengatakan bahwa natrium benzoat tidak berbahaya, sementara ada juga yang lain yang mengaitkannya dengan kanker dan masalah kesehatan lainnya. Nah studi sebenarnya sudah menunjukkan, bahwa natrium benzoat sebenarnya memang dapat meningkatkan risiko peradangan, stres oksidatif, obesitas, ADHD, dan alergi. Lalu jika natrium benzoat berubah menjadi benzena, maka itu akan memicu karsinogen. Meski begitu, kadar rendah yang ditemukan dalam minuman sebenarnya masih dianggap cukup aman.


Nah kesimpulannya, natrium benzoat diakui sudah cukup aman dan dapat digunakan sebagai agen antimikroba dan agen penyedap dalam makanan. Tetapi dengan catatan, bahwa penggunaan maksimumnya hanya 0,1 persen saja. Lalu secara umum, natrium benzoat dianggap buruk bagi kesehatan dan memiliki beberapa efek samping, salah satunya kanker. Hal itu memang benar, tetapi jika natrium benzoat dikombinasikan dengan vitamin C yang terjadi pada beberapa minuman ringan, lalu kemudian terkena suhu tinggi atau cahaya, sehingga benzena kimia penyebab kanker dapat terbentuk.


Apakah Benar Larutan Natrium Benzoat Berguna dalam Pengolahan Limbah Sisik Ikan

Nah tentunya Anda ingin tahu apakah benar larutan natrium benzoat itu bisa berguna dalam pengolahan limbah dari sisik ikan? Nah jawaban sebenarnya untuk pertanyaan itu adalah benar, yang mana itu dalam perebusan sisik ikan dengan larutan benzoat yang dikenal sebagai langkah pengawetan sisik ikan yang bisa berguna untuk kerajinan tangan. Jadi sisik ikan yang diawetkan dapat digunakan sebagai bahan kerajinan tangan, seperti aksesori wanita, kalung, gelang maupun hiasan sandal/sepatu.


Jenis sisik ikan yang digunakan juga akan mempengaruhi hasil dan harga, sebagai contoh sisik ikan kakap memiliki bentuk dan ketebalan yang lebih baik dibanding sisik ikan mujair, jadi sisik ikan kakap lebih cocok digunakan untuk membuat kalung atau gelang. Oleh karena itu beberapa sisi ikan yang sesuai memang banyak mengandung lendir dan merupakan bahan organik yang cepat membusuk, jadi untuk itu maka larutan benzoat dapat digunakan untuk mengawetkan sisik ikan yang sesuai, yang mana itu bisa bertahan hingga dari pembusukan mikroorganisme pada ph 2.5 - 4.


Sekian dari kami, yaitu artikel yang membahas mengenai apakah benar larutan natrium benzoat berguna dalam pengolahan limbah sisik ikan, yang mana jawabannya “ya ia dapat berguna”. Kiranya jadi manfaat untuk Anda dan juga kepada yang lainnya. Nah bilamana Anda ingin memiliki pompa celup sebagai pompa mengelola limbah, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas dari kami adalah pompa celup Tsurumi. Mengenai pompa celup Tsurumi, tentunya Anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Comments


bottom of page