top of page

Mengenal Teknologi Lampu LED: Fungsi, Kelebihan, dan Perkembangannya



Sudah menjadi kodratnya, bahwa manusia tidak bisa lepas dari ketergantungan dari seseorang, yang mana itu juga ada pada beberapa alat atau benda. Contohnya ada pada malam hari, dimana pada waktu tersebut mata manusia tidak akan bisa melihat di keadaan gelap. Nah maka dari itu, ketika malam hari atau memang ruangan sedang gelap, maka manusia membutuhkan alat bantu penerangan seperti lampu.


Karena begitu besar perannya dalam hidup manusia, lampu pun kian lama kian berkembang, yang mana perkembangannya tersebut mengarah pada lampu LED. Sudah banyak orang telah menerapkan lampu LED untuk digunakannya, baik pada ruangan hingga pada suatu kendaraan yang ada. Mengapa demikian? Karena lampu LED merupakan lampu yang banyak fungsi, kelebihan, dan perkembangannya, yang mana itu ada seperti di artikel ini!


Mengenal Lampu LED yang Perlu Anda Semua Ketahui

Apa itu lampu LED? Tentunya itu adalah salah satu jenis lampu yang ada saat ini. Nah LED sendiri sebenarnya adalah kependekan dari Light Emitting Diode, yakni salah satu dari banyak jenis perangkat semikonduktor yang mengeluarkan cahaya ketika arus listrik telah melewatinya. Selain pencahayaan, LED pun juga merupakan bagian dari 7 segmen dalam jam dan pengatur waktu digital, yaitu bisa digunakan di remote control.


Sejarahnya, LED telah dikembangkan pertama kali pada tahun 1962, yaitu pencahayaan LED komersial yang memang telah ada sejak tahun 1980 ketika itu mulai diproduksi. Namun perlu diketahui bahwa itu hanya dioda electroluminescent inframerah yang tersedia pada saat itu. Kemudian warna lain pun akhirnya muncul pada 1990-an ketika sendawa biru dikembangkan di negara Jepang.


Nah berlanjut pada ledakan bola lampu putih, yang mana itu dikenal paling banyak digunakan dan dicari, yakni muncul ketika sendawa biru dikombinasikan dengan luminofor kuning untuk menghasilkan panjang gelombang yang panjang. Jadi dengan demikian, hasil dari kombinasi tersebut adalah cahaya yang dianggap putih oleh mata manusia.


Inilah Fungsi dan Kelebihan Lampu LED

Berikut adalah fungsi dan kelebihan dari lampu LED:

  • Tentunya kegunaan atau fungsi dari lampu LED adalah untuk memberikan penerangan, yakni penerangan yang cahayanya langsung dan kuat, tetapi cahayanya hanya bergerak maju.

  • Kelebihan utama dari lampu jenis LED tentunya adalah jauh lebih hemat energi dibandingkan dengan lampu pijar dan lampu bohlam standar lainnya.

  • Lampu LED nyatanya memiliki ketahanan yang lebih lama, yakni dengan umur sekitar 10.000 hingga 50.000 jam penggunaan.

  • Karena lampu LED dibuat dengan material yang ramah lingkungan dan tidak memiliki kandungan merkuri dan gas berbahaya lainnya, maka jelas membuatnya aman untuk lingkungan. Berbeda dari lampu pijar, pancaran LED tidak panas dan lampu tidak berbahaya untuk disentuh setelah digunakan.

  • Kemudian lampu LED memang terkenal Minim panas dari pancaran lampu yang dihasilkan, sehingga itu bisa membuat ruangan menjadi tidak mudah panas, sekaligus mengurangi potensi bahaya kebakaran yang diakibatkan oleh lampu.

  • Nah dikarenakan pancaran cahayanya yang lembut, maka itu bisa membuat lampu jenis LED sangat cocok untuk digunakan di kamar tidur.

  • Lalu yang jarang diketahui, lampu LED memiliki banyak jenis dan tipe, bahkan lampu LED pun bisa diterapkan atau dimodifikasi dengan keinginan atau kreativitas diri sendiri.


Perkembangan Lampu LED

Dari tahun 1907, lampu LED dari berawal dari bahan anorganik yang dapat menyala ketika sebuah arus listrik diterapkan. Kemudian ditemukan lah putaran efek dari sebuah emisi cahaya, hingga pada tahun 1942 sudah bisa menjelaskan secara terperinci tentang fenomena tersebut, yang mana itu kemudian beralih pada pengembangan transistor dalam fisika semikonduktor. Nah hingga pada tahun 1962, Nick Holonyak yaitu seorang berkebangsaan Amerika mengembangkan luminescence merah pada dioda (tipe GaAsP), dimana itu mengawali lahirnya industri LED.


Perkembangan LED warna hijau, oranye dan kuning, ditambah kinerja dan efektivitas LED pun terus semakin membaik, hingga tiga ilmuwan berkebangsaan Jepang menemukan LED biru, LED di kisaran spektrum hijau (InGan Diode). Nah hingga pada akhirnya, LED warna putih pun diciptakan dari konversi pendaran. Lalu perkembangan LED ini menuai puncaknya pada tahun 1990an. Hingga kini masih berlanjut pada penemuan yang sebenarnya terus mengalami penyempurnaan hingga akhirnya dapat memancarkan cahaya putih terang yang tahan lama dan hemat energi.


Jadi itulah segalanya yang perlu Anda ketahui mengenai lampu LED. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat dan bisa menambah wawasan Anda semua. Untuk lampu terbaik dengan sistem otomatis serta hemat energi dan ramah lingkungan, maka lampu sensor Proforce adalah yang terbaik untuk Anda. Mengenai lampu sensor Proforce, Anda bisa mendapatkannya serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Comments


bottom of page