top of page

Lampu LED: Solusi Penerangan Ramah Lingkungan



Lingkungan alam adalah sesuatu kekayaan dunia yang patut dijaga oleh setiap individu manusia. Ini karena lingkungan memiliki peranan penting bagi keberlangsungan kehidupan yang ada di planet bumi. Jika tidak dirawat dengan benar atau dijaga secara tepat, lingkungan pun akan tercemar serta rusak. Dampaknya pun ekosistem kehidupan planet menjadi kacau, atau hal buruk lainnya yang sebenarnya tidak baik bagi setiap makhluk hidup.


Ada banyak cara untuk manusia dapat menjaga lingkungan, yakni salah satu mengganti peralatan alat bantu mereka dengan alat yang ramah lingkungan. Seperti apa alat ramah lingkungan? Itu adalah alat seperti lampu LED yang diketahui adalah lampu yang sangat ramah lingkungan. Jadi dengan menggunakan atau mengandalkan lampu LED, maka secara tidak langsung Anda telah memberikan solusi tepat bagi penanganan ramah lingkungan.


Informasi Mengenai Lampu LED yang Bisa Jadi Solusi Penerangan Ramah Lingkungan


Lampu LED adalah lampu yang masuk ke dalam keluarga Dioda bersifat semi konduktor. Cara kerja lampu LED mirip dengan cara kerja Dioda yang memiliki 2 kutub yakni kutub positif dan kutub negatif. LED memiliki chip semikonduktor yang bisa menimbulkan junction positif dan negatif dan menghasilkan kelistrikan. Itu akan membuatnya memancarkan cahaya saat dialiri tegangan maju yang dapat digolongkan sebagai transduser yang berperan untuk mengubah energi listrik menjadi cahaya.


Intinya, lampu LED itu adalah lampu modern kekinian yang sangat digandrungi banyak orang, mulai dari penerapannya pada suatu ruangan, hingga bisa juga pada lampu kendaraan. Tidak sedikit saat ini banyak orang mengganti lampu lama mereka dengan lampu LED. Ini disebabkan karena lampu LED memiliki banyak sekali keunggulan dibanding lampu bohlam biasanya. Keunggulan tersebut antara lain adalah lampu LED memiliki tingkat intensitas cahaya yang cukup terang tapi nyaman untuk mata.


Lalu keunggulan lainnya datang dari manfaatnya bagi lingkungan, yakni LED adalah lampu yang bisa menjadi solusi untuk penerangan ramah lingkungan. Lampu LED bisa menjadi penerangan ramah lingkungan, itu karena LED adalah lampu yang sangat hemat energi. Jika dibandingkan dengan jenis lampu pijar, maka ia dapat menghemat hingga 90 persen. Jenis ini juga merupakan lampu yang ramah lingkungan dikarenakan LED tidak mengandung unsur merkuri serta tidak merusak karena tidak ada UV-nya.


Alasan Lampu LED Menjadi Solusi untuk Penerangan Ramah Lingkungan

Perlu Anda semua ketahui, lampu LED menggunakan daya yang sedikit. Seperti LED tunggal berkekuatan 0,03 - 0,06 Watt dengan voltage langsung 15-20 mA. Walaupun ada beberapa lampu LED yang cenderung memiliki range harga lebih mahal dari sumber cahaya tradisional, tetapi energi yang dihemat setahun dari LED itu bisa setara biaya sumber cahaya LED, dengan sisa 4-9 tahunnya adalah periode energi bersih yang dihemat oleh lampu tersebut. Jadi selain ramah lingkungan, LED pun juga ramah untuk kantong.


Kemudian lainnya untuk semakin jelas, lampu LED yang bekerja lebih efisien membuatnya bisa menggunakan energi sesuai dengan fungsinya, yaitu menghasilkan cahaya. Faktanya, lampu LED hanya membuang 5% energi sebagai panas. Selain itu, material lampu LED yang tidak beracun, membuat lampu LED lebih mudah di daur ulang. Kemudian lampu LED juga menghasilkan jejak karbon 50% lebih kecil dibandingkan dengan lampu CFL, yang mana satu lampu LED bisa menghasilkan jejak karbon sebesar 28.8 kg CO2e, sedangkan lampu CFL menghasilkan hingga 44 kg CO2e.


Sekian dari kami, yakni mengenai lampu LED adalah solusi terbaik untuk memberikan penerangan yang ramah lingkungan. Semoga bermanfaat bagi Anda dan semuanya. Jika Anda menginginkan lampu terbaik dengan sistem otomatis serta hemat energi dan ramah lingkungan, maka lampu sensor Proforce adalah yang terbaik untuk Anda. Mengenai lampu sensor Proforce, Anda bisa mendapatkannya serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Comments


bottom of page