top of page

Kunci Pipa: Fungsi dan Kegunaannya dalam Perbaikan Pipa



Konstruksi yang memang terbuat dari beberapa material bangunan, pastinya tidak lepas dari kehadiran pipa-pipa, baik yang dibuat menggunakan bahan baku polivinil klorida ataupun lainnya yang memang bisa digunakan untuk mengalirkan air pada sebuah bangunan. Pipa memang memiliki peran penting bagi kebutuhan masyarakat, sehingga itu membuat instalasi pipa pada konstruksi atau tempat lain menjadi tepat adanya.


Pipa memang sangat berguna dalam banyak pekerjaan, akan tetapi sebelum dapat berguna, pipa terlebih dahulu dipasang dengan instalasi yang tepat. Meski sudah terpasang pun, tidak jarang pipa perlu diperiksa atau diganti, yang mana untuk melakukan itu dibutuhkan salah satu perkakas tepat bernama kunci pipa. Nah untuk lebih jelasnya mengenai kunci pipa baik fungsi serta kegunaannya, maka Anda bisa simak artikel ini selengkapnya!


Informasi Lengkap Mengenai Kunci Pipa yang Memang Berguna bagi Pipa


Inilah Fungsi Kunci Pipa yang Bisa Digunakan dalam Perbaikan Pipa

Seperti namanya, kunci pipa adalah kunci yang dapat dipergunakan untuk kebutuhan pipa, baik pemasangan atau perbaikan pipa sekalipun. Itu karena kunci pipa adalah perkakas yang dapat digunakan untuk membuka dan mengencangkan pipa atau logam bulat lainnya yang memang serupa dengan pipa. Kunci pipa bisa melakukannya dengan dibantu oleh komponen rahang-rahangnya yang dapat disetel sesuai ukuran pipa atau logam.


Penggunaan kunci pipa sebenarnya kurang lebih hampir sama dengan kunci pas setelan, tetapi perbedaannya hanya ada pada penggunaan kunci pipa yang dapat digunakan untuk pipa bukan untuk mur. Kunci pipa digunakan untuk melepas dan memasang pipa dengan sambungan ulir atau untuk memegang benda silindris lainnya. Tentunya konstruksi tersebut hampir sama dengan kunci inggris yang juga mempunyai rahang diam dan rahang geser serta ulir penyetel. Tapi sama, perbedaanya pada kedua rahang kunci pipa mempunyai gerigi untuk menahan pipa supaya tidak bergeser atau lepas saat dijepit oleh kunci tersebut.


Kegunaan Kunci Pipa dalam Perbaikan Pipa

Kunci pipa memang dapat dipergunakan untuk membuka dan mengencangkan pipa, yang mana itu memang dibutuhkan dalam instalasi pipa atau perbaikan pipa. Namun kegunaannya tersebut kerap kali menjadi salah dari penggunaannya yang tidak benar adanya, sehingga kegunaan kunci pipa untuk perbaikan pipa pun malah berubah menjadi kerusakan pada pipa tersebut. Oleh karena itu, kegunaan kunci pipa agar menjadi efektif dalam perbaikan pipa, adalah dengan melakukan penggunaannya secara tepat.


Sebelum memperbaiki pipa dengan kunci pipa, pastinya pipa yang ingin diperbaiki akan dibongkar terlebih dahulu. Nah adapun caranya adalah dengan menyesuaikan kunci pipa tersebut sesuai dengan ukuran pipanya. Kemudian lanjutkan dengan memutar kunci pipa berlawanan arah dengan jarum jam disertai tenaga yang cukup. Pastikan Anda tidak menggunakan alat bantu lain untuk memperkuat tekanan tenaga kunci pipa, yang mana itu malah akan membuat resiko kesalahan.


Setelah pipa tersebut lepas dan selesai diperbaiki, maka berikutnya pun adalah memasang kembali pipa tersebut ke tempatnya semula. Caranya yang benar adalah dengan merekatkan ulir dengan selotip pipa yang kemudian disambungkan dengan pipa yang lain. Tentunya kunci pipa harus sesuai dengan ukuran pipanya. Selanjutnya kutar kunci pipa searah dengan jarum jam disertai tenaga yang cukup. Sebagai tambahan, Anda juga jangan gunakan alat bantu lain untuk memperkuat tekanan tenaga kunci pipa tersebut.


Itulah segalanya yang perlu Anda pahami mengenai kunci pipa, baik fungsi serta kegunaannya dalam perbaikan pipa. Semoga jadi manfaat bagi Anda semua, terutama Anda yang hendak memperbaiki pipa. Bila Anda ingin memiliki atau mengganti perkakas lama Anda dengan yang terbaik serta berkualitas, maka kami rekomendasikan perkakas Tenka yang ada di IndahJaya.com


Comments


bottom of page