top of page

Kompresor Udara: Mengoptimalkan Kinerja dan Efisiensi di Bengkel Anda



Tidak terlihat dan bisa dirasakan itu salah satunya adalah udara, yang mana memang ia tidak tampak mata, tidak berbau, dan tidak ada rasanya. Kehadiran udara hanya dapat dilihat dari adanya angin yang menggerakan benda, dimana ia termasuk sebagai salah satu jenis sumber daya alam karena memiliki banyak fungsi bagi makhluk hidup. Salah satu kegunaannya jelas untuk memberikan tekanan pada balon, ban, dan lain sebagainya.


Nah untuk memungkinkan melakukan itu, maka salah satu alat yang dibutuhkan dan umum digunakan banyak orang adalah kompresor udara. Hal itu karena memang kompresor udara adalah alat yang dapat mengoptimalkan kinerja, dimana dengan kegunaannya maka ia sangat efisien digunakan di berbagai sektor, seperti salah satunya adalah bengkel. Nah untuk mengenalnya lebih lanjut, maka Anda semua bisa simak artikel ini selengkapnya!


Mengenal Kompresor Udara yang Ternyata Memiliki Banyak Kegunaan dan Manfaat


Kompresor udara atau pemampat udara adalah perangkat yang ternyata bisa mengubah listrik yang memang biasanya dari motor listrik, mesin diesel atau mesin bensin untuk menjadi energi kinetik dengan mengompresi dan melakukan menekan udara, yang mana itu sudah menurut perintah serta dapat disemburkan kilat. Kompresor udara atau angin pun sebenarnya adalah alat yang memang bisa mengubah daya menjadi energi potensial yang disimpan di tabung udara bertekanan.


Nah dengan salah satu dari beberapa metode, kompresor angin volume yang semakin banyak udara ke dalam tangki penyimpanan pun dapat meningkatkan tekanan angin. Umumnya, kompresor udara adalah mesin atau alat mekanik yang memang berfungsi untuk meningkatkan tekanan atau memampatkan udara. Yakni kompresor udara yang biasanya akan menggunakan motor listrik, mesin diesel atau mesin bensin sebagai tenaga penggeraknya, dimana semua itu sebenarnya tergantung dari jenis atau ragamnya.


Cara Kerja Kompresor Udara

Prinsip kerja kompresor udara sebenarnya sama dengan pompa yang digunakan untuk memompa ban kendaraan. Tepatnya ketika piston atau tuas pegangan ditarik ke atas, maka tekanan silinder pada bagian bawah akan mengalami penurunan sampai di bawah tekanan atmosfer, jadi udara luar akan mudah masuk ke dalam rumah pompa melalui katup hisapan. Kemudian setelah tuas atau piston ditekan ke bawah, maka udara di dalam pompa tersebut akan keluar mencari area yang tekanannya lebih rendah.


Tentunya hal itu dapat terjadi karena memang tekanan yang diberikan oleh piston yang ditekan akan memampatkan udara di dalam rumah pompa, sehingga dengan begitu menjadi suatu udara yang bertekanan. Apabila ada penggabungan katup buangan (outlet valve) dengan ban kendaraan, maka tekanan di dalam ban tersebut akan terus mengalami peningkatan hingga mencapai batas tertentu sesuai yang diinginkan.


Inilah Fungsi Kompresor Udara yang Memang Dibutuhkan di Bengkel

  • Menyuplai udara atau angin bertekanan tinggi pada tabung atau wadah tertentu seperti silinder gas.

  • Dapat menyuplai udara atau angin bertekanan ke sistem HVAC.

  • Berguna suplai angin atau udara bertekanan pada peralatan yang memang memiliki tenaga dari udara.

  • Tentunya kompresor udara sangat berguna untuk mengisi ban pada kendaraan dengan tekanan angin yang dapat disesuaikan.

  • Kompresor udara dapat suplai udara atau oksigen bagi tabung para penyelam.


Jadi itulah segalanya yang perlu Anda ketahui mengenai kompresor udara, yang mana ternyata sangat dapat mengoptimalkan beberapa kinerja dan pekerjaan serta sangat efisiensi di berbagai sektor seperti di bengkel dan yang lainnya. Sekian dan semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Bila Anda ingin memiliki perkakas, maka yang terbaik dan berkualitas ada di Tenka. Untuk mengetahui lebih lanjut perkakas Tenka, maka Anda bisa kunjungi IndahJaya.com


Comments


bottom of page