top of page

Jib Crane: Jenis, Keuntungan, dan Cara Memilih yang Tepat untuk Memenuhi Kebutuhan Industri Anda



Untuk mempermudah dalam mengangkat benda berat dan besar, maka umumnya alat yang dibutuhkan adalah crane hoist. Nah dengan kegunaannya tersebut, crane hoist pun mulai berkembang dengan memiliki banyak sekali jenis dan ragamnya. Bagi banyak orang awam, mereka umumnya akan sulit membedakan jenis-jenis crane yang ada, apalagi jika bentuk crane rata-rata sama, yakni juga dengan fungsi serta keuntungannya.


Namun jika dipelajari dan di review, maka jenis-jenis crane yang ada bisa didapati perbedaan, serta keuntungannya dan sebagainya. Seperti salah satu crane yang akan jadi topik artikel ini, yaitu jib crane. Nah faktanya, jib crane pun juga memiliki jenis jib crane lain, yang mana jenis yang ada pun juga memiliki keuntungan. Maka dari itu untuk mengetahui jenis dan keuntungan jib crane, serta cara memilihnya yang tepat, maka Anda bisa simak artikel ini selengkapnya!


Mengenal Jenis-Jenis Jib Crane yang Ada dan Keuntungannya Masing-Masing


Apa itu jib crane? Jib crane tentunya adalah crane, yaitu jenis salah satu crane dengan ciri ada komponen jib atau boom yang horizontal. Tentunya itu akan mendukung pergerakan jalur hoist tetap ke dinding atau tiang lantai mount. Nah jib crane juga merupakan bagian dari tower crane panjang yang dapat berputar secara horizontal, yakni bisa sampai 360 °, tergantung dari jenis post jib atau wall jib itu sendiri.


Selain itu perlu Anda ketahui juga, jenis crane ini juga cocok ditempatkan pada area workstation yang memungkinkan pengangkatan berulang kali. Contohnya seperti wilayah pergudangan, dermaga, konstruksi bangunan dan perbengkelan, serta lain sebagainya yang memang sesuai dengan jib crane. Jadi, jenis crane ini, pastinya adalah crane yang memang mampu dalam memindahkan benda dengan berat 30 pon, bahkan faktanya bisa mencapai 100 ton dari titik satu ketitik yang lain.


Inilah Jenis dan Keuntungan Jib Crane yang Bisa Dipilih Sesuai Kebutuhan Industri

Karena jib crane adalah jenis crane yang menggunakan tiang independen, maka crane tersebut pastinya dapat di install di dalam ruangan atau indoor di suatu industri, maupun diluar ruangan atau outdoor di industri manapun. Nah oleh karena itu, jenis crane ini hanya terbagi menjadi dua saja, yakni ada post jib dan juga wall jib crane, yang mana keduanya bisa Anda ketahui dan sesuaikan dengan yang Anda inginkan pada kebutuhan industri Anda.

  • Post Jib Crane: Untuk jenis jib crane ini, dia adalah jenis post jib yang sudah dikenal memiliki karakteristik tiang independent, yaitu ada pergerakan swing sampai dengan 360º, kemudian ada loading kapasitas antara 0,5-20 ton, dengan panjang jib antara 2 sampai 10 meter. Tidak hanya itu, post jib crane juga dapat mengangkat beban dengan ketinggian antara 3 sampai 10 meter, dengan ditambah pergerakan swing menggunakan motor atau manual.

  • Wall Jib Crane: Berbeda dengan post jib crane, wall jib crane memiliki karakteristik runway yang bisa dipasang pada tiang bangunan atau pada dinding. Untuk loading kapasitasnya, antara lain bisa mencapai 0,5 sampai 5 ton, dengan panjang jib antara 2 sampai 10 meter, serta adanya pergerakan swing sampai dengan 180º dan pergerakan swingnya yang menggunakan motor atau juga sama manual.


Nah jadi itulah jenis dan keuntungan, serta cara memilih jib crane yang tepat untuk memenuhi kebutuhan industri Anda. Kiranya jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada semuanya. Untuk crane yang terbaik dan juga hoist nya, maka rekomendasi kami jatuh pada Elephant Hoist and Crane. Mengenai Elephant Hoist and Crane, Anda bisa memilikinya serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Comments


bottom of page