top of page

Jenis Pelumas yang Aman untuk Selang Industri



Setiap pekerjaan yang ada dalam industri, tentunya harus diselesaikan dengan benar serta tepat. Nah dalam menyelesaikan pekerjaan di berbagai bidang industri pun, alat seperti selang sangat dibutuhkan, yang mana itu dapat berguna untuk mengikat peralatan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Jadi dengan demikian, pemilihan selang adalah tepat adanya untuk suatu industri, terutama selang industri yang memang dibutuhkan.


Selang industri adalah selang yang dilengkapi dengan suatu sistem, yakni sistem yang dirancang untuk menyalurkan atau mengangkut bahan cair atau gas dari suatu tempat ke tempat lainnya. Selang inipun pada dasarnya terdiri dari beberapa jenis, yakni ada yang terbuat dari bahan karet, plastik, kulit, atau logam. Nah tentu selang-selang industri yang berhubungan dengan logam, pastinya harus dilumasi dengan pelumas yang tepat.


Inilah Jenis-Jenis Pelumas yang Aman dan Tepat untuk Selang Industri


Bukan hanya komponen kendaraan saja, selang industri pun juga nyatanya membutuhkan pelumas. Namun itu pada bagian terpentingnya, seperti connector selang ataupun sebagainya dari selang yang terbuat dari logam. Tujuan dari pelumasan di selang industri, antara lain adalah untuk membuat pergerakan komponen selang industri yang terhubung tidak mengalami seret. Selain itu, layaknya alat lain, pelumas juga berguna agar membuat komponen logam selang industri tidak cepat karat atau terhindar dari adanya potensi korosi.


Namun walau bermanfaat, tapi pelumasan yang salah pada selang industri dapat menyebabkan dampak buruk lainnya. Mulai dari kesalahan komponen pelumasan yang salah, hingga pemilihan jenis pelumas yang salah yang malah membuat komponen logam pada selang industri rusak atau tidak berfungsi sebagaimana adanya. Oleh karena itu, maka penting sekali bagi Anda untuk mengetahui jenis-jenis pelumas apa saja yang dirasa tepat untuk selang industri.


Gemuk

Gemuk merupakan pelumas yang paling terkenal sebagai pelumas paling serbaguna. Alasannya karena ia dapat digunakan di berbagai lingkungan dengan berbagai suhu, kondisi beban, atau kecepatan. Kemudian baik juga digunakan lingkungan kering atau basah, lingkungan berdebu atau bersih, atau bahkan lingkungan korosif. Nah jadi dengan begitu, maka gemuk dapat digunakan dalam semua jenis aplikasi, termasuk selang industri sekalipun.


Alasan besar gemuk tepat untuk selang industri, dikarenakan ia adalah sejenis cairan plastik semu yang paling pentingnya adalah konsistensi. Konsistensi pun tidak lain adalah kekerasan atau kelembutan relatif dari bahan apa pun. Perlu diketahui, gemuk terdiri dari minyak pelumas yang memiliki viskositas rendah dan dikentalkan dengan padatan terdispersi halus yang dikenal sebagai pengental.


Oli Multigrade

Oli multigrade merupakan pelumas minyak mineral yang dibuat dengan menambahkan polimer dalam minyak mineral, sehingga meningkatkan indeks viskositas pelumas. Pelumas satu ini memang cocok untuk selang industri, karena dia adalah pelumas aman yang memiliki tingkat kerataan yang berbeda. Berbeda dengan tingkat oli pelumas tertentu yang dapat menawarkan kinerja yang optimal dalam suhu rendah atau suhu tinggi.


Minyak Sintetis

Termasuk dalam pelumas cair, begitu juga jenis pelumas minyak bumi mineral lainnya. Ini juga merupakan pelumas aman dan tepat bagi selang industri, itu karena pelumas jenis ini dibuat untuk tahan terhadap kondisi pengoperasian yang berat. Walau pelumas ini cenderung mahal, tetapi pelumas ini dapat menahan panas dan stres tingkat tinggi yang memang tepat pada suatu pengerjaan selang industri.


Pelumas Gas

Adalah pelumas dengan bentuk gas dengan keunggulannya adalah rentang suhu yang besar, sehingga dengan begitu maka tidak perlu penyegelan untuk pelumasan. Pelumas ini dapat membuat gesekan yang sangat rendah karena viskositas rendah, tidak ada penguapan, tidak ada pemadatan, dan tidak ada dekomposisi. Namun meski begitu, kelemahan penggunaan pelumas gas adalah kapasitas beban yang rendah, toleransi yang lebih rendah untuk setiap kesalahan dalam estimasi beban. Begitu juga kebutuhan akan perancang spesialis dalam menciptakan permukaan yang halus dengan jarak bebas yang rendah.


Itulah artikel dari kami yang membahas mengenai jenis-jenis pelumas yang tepat serta aman untuk selang industri. Sekian dan semoga jadi manfaat untuk Anda semua dalam memiliki referensi terbaik untuk memilih jenis pelumas yang tepat bagi selang industri. Bilamana Anda tertarik dengan selang yang terbaik serta berkualitas, maka kami rekomendasikan selang Toyox yang bisa Anda ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Comments


bottom of page