top of page

Jenis Lampu LED Hemat Energi: Solusi Ramah Lingkungan untuk Pencahayaan Aktifkan dukungan pembaca



Perkembangan manusia dalam menciptakan alat, tentunya itu menjadi salah satu alasan utama kita sebagai manusia modern bisa merasakan banyak peralatan, baik yang masih tradisional hingga yang sudah canggih. Salah satunya ada pada lampu, lampu pijar atau bohlam yang ditemukan oleh Thomas Alva Edison. Tentunya perkembangan zaman juga mempengaruhi lampu, yang mana itu ada pada lampu jenis LED.


Lampu LED adalah lampu yang pastinya sudah mulai banyak digunakan banyak orang ketimbang lampu bohlam biasa. Hal tersebut dikarenakan lampu LED lebih memiliki banyak keunggulan dan juga ramah lingkungan. Lampu LED pun memiliki berbagai macam varian warna, begitu juga dengan jenis-jenisnya yang beragam. Bila Anda ingin tahu jenis-jenis lampu LED, maka Anda bisa simak artikel ini selengkapnya!


Jenis-Jenis Lampu LED yang Hemat Energi dan Bisa Menjadi Solusi untuk Pencahayaan


Jika Anda bingung dalam memilih lampu LED, maka pilihlah berdasarkan kegunaan atau kebutuhan Anda sesuai dengan jenis-jenis dari lampu LED yang akan kami jelaskan berikut ini:

  • Organic LED: Organic LED atau yang bisa dikenal sebagai OLED, adalah lampu jenis LED yang dibuat dari komponen organik. Berbeda dari lampu LED pada umumnya, lampu OLED memiliki ciri yang sangat tipis dan bisa memancarkan cahaya yang sangat terang. Faktanya OLED sendiri lebih umum diaplikasikan pada smartphone, TV, dan monitor. Bahkan kenyataannya, beberapa produsen smartphone mengembangkan teknologi OLED yang fleksibel untuk diterapkan pada layar smartphone, bahkan dengan tipe yang dapat dilipat.

  • Chip on Board LED: COB atau Chip on Board LED merupakan pengembangan dari Surface Mount LED yang mampu untuk menyala lebih terang. Nah COB LED sendiri memiliki banyak sekali chip lampu dalam satu papan elektronik, yang mana itu dapat membuatnya bisa menyala dengan terang dan merata. Perlu Anda ketahui, salah satu kelebihan dari COB LED sendiri adalah tidak panas dan memiliki usia pakai yang cukup panjang sebagai lampu.

  • High Intensity LED: Adalah lampu LED yang bisa menghasilkan cahaya yang sangat terang, bahkan dari LED lainnya. Lampu High Intensity LED merupakan satu jenis LED yang bisa menghasilkan cahaya yang sangat intens dibandingkan dengan LED lainnya. Namun selain itu, lampu ini juga bisa dipasangkan dengan heatsink yang memang memiliki usia pakai yang sangat panjang.

  • Miniature LED: Seperti namanya, lampu LED ini memiliki ukuran yang seperti miniature alias mini. Lampu ini adalah LED yang sangat kecil dengan ukuran sekitar 0,2mm. Mini LED sendiri umumnya digunakan pada monitor dan TV yang memiliki panel LCD. Nah mini LED sendiri ternyata bisa dipasangkan pada bagian belakang matriks LCD, dimana itu untuk memberikan kontras yang lebih baik pada panel LCD yang terpasang tersebut.

  • Surface Mount Device LED: Ciri khas dari lampu ini adalah memiliki bentuk persegi panjang dan mempunyai 3 buah sel kristal semikonduktor yang akan menghasilkan 3 warna berbeda. SMD LED juga tidak memiliki kabel dan dapat dirakit pada sebuah papan sirkuit yang dibuat menggunakan proses polarisasi pada bagian depan dari modul LED tersebut. Kenyataannya, lampu ini membutuhkan daya yang sangat rendah dan umumnya digunakan pada peralatan seperti TV, monitor, dan Proyektor Portabel.

  • Bicolor LED: Bicolor LED adalah salah satu jenis lampu jenis LED yang dapat memancarkan cahaya lebih dari satu warna. Nah pengaplikasian bicolor LED sendiri umumnya bisa pada mainan anak-anak, lampu hias, hingga lampu speedometer variasi untuk kendaraan bermotor.

  • Super Flux LED: Super Flux LED merupakan salah satu jenis LED yang banyak digunakan dalam berbagai bidang. Lampu ini memiliki 4 buah pin dan ditawarkan dalam 3 ukuran berbeda, yaitu 3mm, 5mm, dan Flat Lens. Karena ukurannya yang kecil dan bisa bekerja dengan rentang toleransi suhu yang sangat luas membuat lampu ini bisa diaplikasikan untuk kebutuhan yang berbeda-beda.


Jadi itulah pengertian dari jenis-jenis lampu LED yang hemat energi dan menjadi solusi untuk pencahayaan. Sekian dari kami semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Untuk lampu terbaik dengan sistem otomatis serta hemat energi dan ramah lingkungan, maka lampu sensor Proforce adalah yang terbaik untuk Anda. Mengenai lampu sensor Proforce, Anda bisa mendapatkannya serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Kommentare


bottom of page