top of page

Jenis-Jenis Crane di Pelabuhan dan Bagaimana Memilihnya


Jenis-Jenis Crane di Pelabuhan dan Bagaimana Memilihnya

Ada berbagai macam jenis-jenis crane atau derek yang bisa dipakai untuk kegiatan konstruksi. Tentu saja lokasi konstruksi atau industri akan menggunakan tipe derek yang berbeda juga, jadi tidak bisa disamakan.


Crane sendiri merupakan mesin dimana mampu menurunkan, mengangkat, atau memindahkan barang-barang berat menggunakan kabel atau puli. Biasanya ini digunakan untuk membantu kegiatan konstruksi atau industri yang tidak dapat dilakukan manusia.


Derek merupakan aset yang berharga untuk industri konstruksi dan banyak jenis-jenis crane, sebab alat tersebut membuat kegiatan berjalan lebih mudah. Biasanya mesinnya digunakan dihampir semua bidang konstruksi, terutama kelas berat.


Sekarang ini Anda tidak perlu khawatir jika mau menjalankan proyek konstruksi di beragam tempat, sekalipun di laut. Karena adanya derek ini memang sangat membantu kegiatan industri level berat.


Inilah Jenis-Jenis Crane Pada Kapal


Ada banyak tipe derek untuk dipakai berbagai macam kegiatan, jadi Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhannya sendiri. Berikut ini beberapa tipe mesin derek yang ada di pelabuhan dan perkapalan:


Ship gear (derek kapal)


Agar praktis, biasanya kapal kargo memakai derek kapal. Ship gear ini nantinya akan dipakai dalam melakukan stevedoring, mulai dari barang kontainer hingga kargo memakai jala sebagai alat pengangkutnya.


Kangooro Crane (KC)


Untuk jenis-jenis crane lain di dermaga ini bentuknya menyerupai derek kapal, akan tetapi letaknya di pelabuhan. Beberapa ada yang memakai roda atau rel untuk pindah tempat dan lengkap dengan conveyor dan hoper.


Harbour Mobile Crane (HMC)


Alat berat di dermaga ini bisa bergerak berpindah tempat karena sifatnya yang fleksibel. Jadi Anda bisa memanfaatkan sebagai alat bongkar muat umum kargo atau barang curah dengan kekuatan angkat hingga 100 ton.


Rubber Tyred Gantry Crane (RTGC)


Jenis-jenis crane ini termasuk tipe untuk bongkar muat kontainer dan bisa bergerak di tumpukan barang. Fungsinya untuk menurunkan/menaikkan kontainer dari atas trailer dan sebaliknya, sesuai dengan kebutuhannya pengguna itu sendiri.


Container gantry Crane (CC)


Alat ini merupakan bongkar muat yang diletakkan secara permanen di tepi pelabuhan dengan memanfaatkan rel. Jadi nantinya dapat bergeser dan fungsinya ialah sebagai alat bongkar muat kontainer serta jangkauannya jauh.


Derek tower


Alat berat ini digunakan mengangkat material horizontal maupun vertikal ke tempat tinggi dan ruang geraknya terbatas. Variasi mesin derek ini bisa berdiri bebas, diatas rel, dikaitkan dengan bangunan, dan panjat.


Perhatikan Saat Memilih Jenis dari Crane


Sebelum memilih alat berat untuk membantu memindahkan barang berat dalam kegiatan industri logistik atau apapun, maka perhatikan cara memilihnya. Ada beberahal yang wajib dipertimbangkan untuk memilih jenis-jenis crane secara tepat.


Pertama perhatikan anggaran biaya yang dipunyai, karena finansial merupakan hal penting untuk melancarkan proyeknya. Harga mahal belum tentu bisa mendapatkan barang dengan kualitas bagus, karena itulah Anda harus perhatikan kualitasnya.


Selain itu Anda juga harus memperhatikan kegunaannya agar lebih efektif dipakai. Karena itulah perhatikan apakah lebih efektif digunakan dalam area tersebut atau tidak supaya tidak rugi nantinya.


Perhatikan tempat pemasangan dari derek tersebut termasuk dampak yang bisa saja terjadi. Lokasi kerja dan tempat dipasangnya crane sangat penting untuk diperhitungkan agar bisa menentukan tipenya juga.


Jangan lupa mengutamakan faktor keselamatan, keamanan, serta kehandalan, karena jika mau investasi jangka panjang, maka tidak boleh mengabaikan hal ini. Mesin yang awet dan handal pastinya akan lebih menguntungkan.


Sebelum memilih tipe derek yang akan dipakai untuk kegiatan industri apapun, Anda harus memperhatikan beberapa hal pentingnya. Ada banyak jenis-jenis crane yang bisa dipilih sesuai kebutuhan masing-masing.

bottom of page