top of page

Beragam Daftar Ikan Pemangsa yang Ada Pada Tambak dan Harus Diwaspadai



Dalam budidaya ikan, pastinya untuk melakukan itu maka harus membutuhkan lahan yang luas, karena tidak cukup hanya mengandalkan aquarium saja. Nah dari lahan yang luas, maka bisa tercipta beberapa kolam untuk budidaya ikan, yang mana itu lebih dikenal dengan sebutan tambak ikan. Namun sayang, kegiatan tambak ikan bisa berpotensi tidak menguntungkan, hal itu karena adanya beberapa faktor yang dapat mempengaruhi.


Faktor yang mempengaruhi ternyata bisa dari ikan, bukan dari ikan yang memang dipelihara atau di budidaya, melainkan adanya ikan predator yang besar kemungkinan akan ada di suatu tambak. Bagi Anda yang memang penasaran dengan ikan-ikan predator apa saja yang harus diwaspadai di suatu tambak, maka Anda atau Anda yang mempunyai tambak ikan bisa menyimak artikel ini selengkapnya!


Inilah Beragam Daftar Ikan Pemangsa yang Harus Diwaspadai Pada Suatu Tambak

Ikan Payus

Adalah ikan yang memiliki ciri berupa bentuk tubuh yang mirip dengan ikan bandeng. Perbedaannya, perut Payus tidak besar atau gemuk, sehingga dengan begitu maka biasanya ia juga bisa disebut sebagai ikan bandeng lelaki. Kemudian ciri berikutnya yang harus Anda tahu, Payus memiliki tubuh yang panjang dengan sirip punggung tunggal yang juga dilengkapi dengan jari-jari lemah bercabang 24 buah, yang mana itu terletak hampir di pertengahan tubuhnya. Jadi karena ikan Payus masuk daftar ini, maka sudah jelas ia adalah ikan pemakan daging atau ikan karnivora yang biasanya akan memangsa udang-udang kecil atau ikan lainnya yang berukuran kecil di suatu tambak.


Ikan Gabus

Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan air tawar. Gabus memiliki ciri berupa bagian depan yang memiliki bentuk silindris dan pipih pada bagian belakang. Lalu untuk bagian kepala Gabus, ia agak memiliki bentuk yang cenderung gepeng dengan bagian dorsal berbentuk cembung. Masuk sebagai ikan predator pemakan daging, maka jelas ikan satu ini harus Anda waspadai jika ada di suatu tambak.


Ikan Kakap Putih

Berbeda dengan ikan kakap merah, ikan kakap putih adalah ikan predator yang tentunya bisa menyerang para penghuni tambak. Agar Anda tidak salah, ikan kakap putih jelas memiliki sisik atau kulit yang warna agak putih. Lalu biasanya ikan kakap putih juga akan memiliki ciri berupa bentuk tubuhnya yang agak panjang dan pipih dengan penampang bagian dorsal yang berbentuk cembung.


Ikan Kakap Batu

Tidak hanya kakap putih, ada juga ikan kakap jenis lain yaitu batu. Untuk ikan kakap batu, ia memiliki ciri berupa warna tubuh yang agak kecoklatan layaknya batu. Lalu pada bagian punggung akan terlihat lebih gelap. Kemudian pada bagian bawah kepala dan dada, biasanya itu akan berwarna keperakan sedangkan sirip dada dan batas ekornya akan berwarna kuning pucat.


Ikan Bulan Bulan

Merupakan satu jenis dengan ikan Payus, ikan ini juga predator yang membahayakan penghuni tambak. Nah ikan bulan-bulan akan memiliki suatu ciri yang hampir sama dengan ikan Payus. Tetapi ciri khasnya, Ikan bulan-bulan biasanya akan memiliki bentuk tubuh yang panjang dan pipih, serta memiliki sirip punggung tunggal dengan jari-jari sirip berjumlah 16 sampai 20 buah.


Jadi itulah beragam daftar ikan pemangsa yang perlu Anda waspadai pada suatu tambak. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda semua dalam mengenali ikan yang berbahaya bagi tambak. Tambak tentunya membutuhkan pompa seperti pompa celup, oleh karena itu pompa celup yang terbaik dan berkualitas untuk itu adalah pompa celup Tsurumi. Bilamana Anda tertarik ingin memiliki pompa celup Tsurumi atau ingin ketahui lebih lanjut, maka Anda bisa kunjungi IndahJaya.com


コメント


bottom of page