top of page

Mengenal Lebih Jauh Apa Fungsi SUTET Pada Sistem Transmisi Energi Listrik



Nah jika Anda adalah salah satu orang yang tidak tahu mengenai SUTET, maka akan kami jelaskan bahwa SUTET itu adalah suatu kependekan dari Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi. Nah Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi atau disingkat SUTET, adalah saluran tenaga listrik yang menggunakan kawat telanjang (konduktor) di udara bertegangan nominal di atas 230 kV sesuai dengan standar di bidang ketenagalistrikan.


Tentunya sebagai Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi pastinya SUTET memiliki beberapa fungsi atau kegunaan, terutama pada bagian sistem transmisi energi listrik. Nah SUTET memang memiliki fungsi pada sistem transmisi energi listrik, yang mana itu bisa Anda ketahui di artikel kami pada kesempatan kali ini. Nah maka dari itu, Anda yang ingin tahu fungsi SUTET pada sistem transmisi energi listrik, maka Anda bisa simak artikel ini selengkapnya!


Inilah Fungsi-Fungsi SUTET Pada Sistem Transmisi Energi Listrik

Pengertian SUTET Pada Sistem Transmisi Energi Listrik

Tentunya pada penyaluran di tahapan transmisi, maka penyaluran dilakukan dengan menggunakan tegangan sangat tinggi, hal itu untuk mengurangi energi yang hilang. Di negara Indonesia sendiri, transmisi tegangan tinggi dari pembangkit listrik ini disebut dengan SUTET (Saluran udara tegangan ekstra tinggi), yang mana memang ia bisa menyalurkan arus listrik dengan tegangan hingga 150kV (150 ribu Volt).


Nah saat arus listrik mengalir melalui sebuah penghantar, maka akan ada sebagian energi listrik yang dimiliki oleh arus listrik tersebut yang akan hilang. Energi ini hilang tersebut akan dalam bentuk energi panas, yang timbul akibat resistensi (hambatan) dari penghantar tersebut. Kemudian, pada transmisi listrik sendiri adalah tahap awal menyalurkan listrik agar ia bisa dinikmati pelanggan. Transmisi ini nantinya akan menyalurkan listrik dari pembangkit hingga gardu. Jadi jalur interkoneksi yang digunakan ini dikenal sebagai jaringan transmisi, yaitu SUTET di atas.


Transmisi pun kemudian akan dilanjukan dengan pengaliran listrik antara gardu listrik dan pelanggan, yang mana itu biasanya disebut sebagai distribusi listrik. Dari distribusi listrik tersebut yang kemudian dari juga gardu ke rumah pelanggan, maka biasanya itu akan dilakukan dengan kabel tertutup kecil yang disangga oleh tiang listrik biasa. Nah apabila Anda masih kurang mengerti mengenai SUTET pada sistem energi listrik, maka Anda bisa simak yang lebih jelasnya di bawah ini!


Fungsi SUTET Pada Sistem Energi Listrik

Berikut adalah fungsi SUTET pada sistem transmisi energi listrik:

  • Saluran Udara Tegangan Ektra Tinggi (SUTET) 200 kv – 500 kv: Fungsi ini secara umum, merupakan fungsi yang berkaitan dengan saluran transmisi yang digunakan di Indonesia, yaitu yang memang terkenal memiliki kapasitas sebesar 500 kv. Tujuan dari fungsi SUTET ini, yaitu agar drop tegangan yang berasal dari nampang kawat bisa direduksi secara optimal.

  • Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 30 kv – 150 kv: Untuk SUTET pada saluran ini akan mempunyai tegangan operasi sebesar 30 kv hingga 150 kv. Konfigurasi jaringan pada transmisi ini sendiri umumnya single atau double sirkuit, yang mana pada satu sirkuit terdiri dari tiga phasa dengan tiga kawat.

  • Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 30 kv – 150 kv: Kemudian pada saluran transmisi ini termasuk sebagai saluran kabel bawah tanah yang menyalurkan energi listrik melalui kabel yang dipendam di dalam tanah. Nah umumnya, pemasangan kabel ini berada di kawasan kota, hal itu karena dinilai lebih rapi dan tidak mengganggu keindahannya. Selain itu, saluran transmisi ini tidak akan mudah terganggu karena kondisi cuaca ataupun dari alam.

Sekian artikel dari kami yang membahas mengenai fungsi SUTET pada sistem transmisi energi listrik. Kiranya jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada yang lainnya. Nah bilamana Anda tertarik dengan Genset, maka rekomendasi kami yang terbaik serta berkualitas adalah Genset Tenka. Mengenai Genset Tenka, Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


Comments


bottom of page