top of page

Optimalisasi Fungsi Bor Listrik dalam Industri Konstruksi



Tiap bangunan yang ada yang pernah Anda lihat, pastinya adalah bangunan yang sebelumnya membutuhkan pengerjaan konstruksi terlebih dahulu. Itu karena konstruksi merupakan suatu kegiatan pembangunan sarana maupun prasarana, atau jelasnya proses dalam menjadikan suatu bangunan atau tempat, layaknya rumah, gedung, atau sebagainya. Tentunya dalam pengerjaannya, konstruksi jelas membutuhkan peralatan seperti perkakas.


Tidak hanya perkakas manual, pengerjaan dalam industri konstruksi pun juga mengandalkan perkakas elektrik, seperti bor listrik. Dengan bor listrik, maka pengerjaan dalam industri konstruksi pun akan semakin optimal serta efisien, karena bor listrik tidak mengandalkan tenaga manusia, melainkan mengandalkan tenaga dari daya listrik yang dihantarkan. Nah untuk lebih memahami fungsi bor listrik dalam dunia industri konstruksi, maka Anda bisa simak artikel ini!


Inilah Fungsi Bor Listrik yang Bisa Optimalkan Pengerjaan dalam Industri Konstruksi


Bor listrik tentunya adalah bor yang pada dasarnya digerakkan oleh motor listrik. Jenis bor ini dilengkapi dengan banyak aksesori berbeda termasuk chuck atau kepala bor. Sejarahnya, penemuan bor listrik ini berkat ciptaan Arthur James Arnot dari Melbourne, Australia dan William Blanch Brain dari Reading, Inggris yang keduanya mematenkan bor listrik pertama pada tahun 1889.


Dengan penemuan tersebut, maka bor ini pun hingga saat ini masih digunakan di banyak pengerjaan, tidak terkecuali industri konstruksi. Nah dengan adanya penemuan bor listrik, maka itu telah merevolusi berbagai aspek pengeboran, itu juga termasuk lubang pengeboran untuk pipa dan bahan konstruksi umum lainnya. Jadi intinya, bor listrik adalah perkakas mesin yang memiliki kegunaan untuk membuat lubang atau mengebor pada objek tertentu, misalnya kayu, triplek, tembok, sesuai kebutuhan.


Ada alasan mengapa dengan bor listrik dapat mengoptimalkan pengerjaan dalam industri konstruksi, itu karena seperti pada proyek pemasangan bata dan konstruksi dapat dibuat lebih mudah dan lebih cepat dengan menggunakan bor listrik. Kemudian dengan adanya beberapa jenis bor listrik hingga beberapa aksesorisnya, seperti bantalan pengamplasan, kepala level, dan chipper, jelas itu akan semakin mempermudah pengerjaan pada industri konstruksi yang ada.


Bor listrik pada dasarnya menggunakan kabel, tapi ada juga yang tidak. Dengan tidak menggunakan kabel, maka bor listrik tersebut dianggap lebih sangat optimal dalam pengerjaan di industri konstruksi. Hal itu dikarenakan bor listrik tersebut dapat dibawa ke mana saja, karena pastinya itu menggunakan baterai. Tapi bor listrik dengan kabel pun juga tetap menjadi primadona, karena menggunakannya tidak sulit, yakni mencolokkan, kemudian menyalakannya, dan melanjutkan mengebor.


Perlu Anda ketahui, terdapat dua jenis motor pada bor listrik, yakni ada alat yang dijalin dengan tali yang menggunakan kabel untuk membawa daya bor tanpa kabel dan memindahkan bor. Yang lainnya adalah motor tanpa kabel yang mirip dengan bor tanpa kabel, kecuali bahwa ia membawa daya bor melalui kabel yang mirip dengan yang digunakan seperti pada telepon tanpa kabel.


Jadi intinya, bor listrik sangat memberikan keuntungan bagi pengerjaan industri konstruksi, karena bor listrik menggunakan motor bor yang memang tidak menimbulkan kekacauan dan sedikit perawatan yang diperlukan. Tapi perlu diwaspadai juga, bahwa kelemahannya adalah cenderung berjalan sedikit lebih lambat daripada versi yang dijalin dengan tali. Tapi jika Anda membutuhkan sesuatu yang akan menyelesaikan pekerjaan dengan cepat, opsi nirkabel mungkin merupakan pilihan yang lebih baik, terutama pada industri konstruksi.


Itulah fungsi bor listrik yang memang dapat mengoptimalkan pekerjaan dalam industri konstruksi. Sekian dari kami, semoga Anda pahami serta jadi manfaat bagi semuanya. Jika Anda tertarik dengan bor listrik atau perkakas lain, maka Tenka adalah pilihan terbaiknya. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait perkakas Tenka, maka Anda bisa klik IndahJaya.com


Comments


bottom of page