top of page

Cara Mudah Membuat Desain Lampu LED Sendiri dengan Biaya Terjangkau



LED atau bisa dibilang dioda pemancar cahaya, merupakan suatu semikonduktor yang memancarkan cahaya monokromatik yang tidak koheren ketika diberi tegangan maju. Gejala ini termasuk bentuk elektroluminesensi. Kemudian warna yang dihasilkan pun bergantung pada bahan semikonduktor yang dipakai, tetapi bisa juga ultraviolet dekat atau inframerah yang dekat. Nah faktanya, lampu LED bisa Anda buat sendiri dengan biaya terjangkau.


Jika umumnya lampu LED itu adalah lampu yang memiliki harga yang cukup mahal, maka di artikel ini kami bisa buktikan bahwa lampu LED bisa dibuat sendiri bahkan dengan biaya yang terjangkau. Oleh karena itu, maka Anda yang ingin mencoba membuat lampu LED dan memodifikasinya, maka simak tutorial caranya di artikel kami pada kesempatan kali ini, yang mana dengan membuatnya membuat Anda bisa menghemat biaya serta menjadi kreatif.


Cara Mudah Membuat Desain Lampu LED Sendiri dengan Biaya Terjangkau

Berikut adalah cara mudah membuat desain lampu LED sendiri yang mana dengan biaya yang cukup terjangkau untuk Anda:

  1. Siapkan Alat dan Bahan: Layaknya membuat alat atau benda lain, Anda pertama-tama perlu mempersiapkan beberapa alat, yaitu seperti gunting kawat, gunting biasa, spidol. Kemudian jangan lupa sediakan bahan yang dibutuhkan seperti kertas putih HVS beberapa lembar, hingga lampu LED warna warni, benang wol atau benang rajut, kawat besi 16 milimeter secukupnya, pita perekat dan lem tembak.

  2. Tentukan dan Buat Desain Lampu LED yang Diinginkan: Anda bisa membuat desain lampu LED yang Anda sudah pikirkan dan Anda mau. Nah caranya adalah dengan menggunakan lampu LED yang ada lalu tuangkan motif yang ingin Anda ukir di kertas putih. Lalu rangkailah desain yang ingin diberi lampu LED. Pastikan tulisannya tegak bersambung, untuk memudahkan saat memasang lampu LED di bagian belakangnya nanti.

  3. Mengukur Desain Lampu LED: Kemudian Anda bisa mengukurnya, yakni dengan menggunakan benang rajut, mulai dari awal desain hingga akhir desain dengan tepat dan akurat. Jika Anda merasa sulit, maka Anda bisa memberikan selotip pada beberapa bagian, agar ukuran yang didapat tidak salah karena itu nantinya akan dijadikan ukuran pada kawat besi nantinya.

  4. Potong Kawat Pada Desain Lampu LED: Berikutnya ambil benang yang panjangnya sudah sesuai dengan panjang tulisan tadi, kemudian potong kawat besi sepanjang ukuran benang tersebut. Jika Anda ingin menambahkan aksesoris pada bagian ujung kawat, bisa memotongnya melebihi ukuran sesuai kebutuhan. Misalnya ingin ditambahkan sesuatu atau tidak.

  5. Bentuk Kawat Pada Desain Lampu LED: Selanjutnya bentuklah kawat sesuai bentuk desain lampu yang Anda buat pada kertas, pastikan bentuknya sama. Anda tidak akan kesulitan selama menggunakan kawat yang benar, karena biasanya kawat besi dengan ukuran 16 milimeter memiliki tingkat kelenturan cukup tinggi dan mudah dibentuk.

  6. Rekatkan Lampu LED: Tahap berikutnya adalah merekatkan lampu LED, yaitu dengan cara membuat desain yang sama dengan lampu LED selanjutnya. Yaitu jelasnya adalah dengan membentangkan lampu tali LED hingga semua bagian lurus, kemudian ambil ujungnya dan ikuti bentuk desain pada kawat. Jangan lupa untuk memberi lem tembak pada setiap beberapa sentimeter, agar kawat dan lampu menyatu sempurna.

  7. Selesai: Nah pada tahap ini telah selesai, tetapi ada baiknya Anda untuk menata lampu pada bagian dinding yang diinginkan, kemudian hidupkan lampu LED dan pastikan semua bagian desain yang diukir menyala dengan maksimal.


Jadi itulah cara membuat desain lampu LED sendiri dengan biaya yang terjangkau. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat dan wawasan untuk Anda semua. Untuk lampu terbaik dengan sistem otomatis serta hemat energi dan ramah lingkungan, maka lampu sensor Proforce adalah yang terbaik untuk Anda. Mengenai lampu sensor Proforce, Anda bisa mendapatkannya serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Comments


bottom of page