top of page

Cara Kerja Crawler Crane Pada Proyek Pembangunan



Crawler crane adalah sebuah alat berat yang kini perannya menjadi paling utama dalam sebuah pembangunan. Pada lapangan di proyek besar contohnya, sangat tidak mungkin Anda belum pernah melihat alat ini.


Diciptakan dengan struktur khusus untuk menyesuaikan fungsinya, alat ini dapat mengangkat serta memindahkan suatu muatan secara horizontal. Pengaitnya sendiri terpasang langsung pada crane dan mudah diarahkan.


Alat ini telah banyak membantu mempercepat konstruksi suatu gedung atau industri bangunan lainnya. Cara kerjanya juga terbilang praktis dan efektif, karena tidak membutuhkan tambahan komponen untuk penunjang geraknya.


Sekilas Penjelasan Mengenai Crawler Crane


Membahas alat ini akan membuat Anda semakin memahami peranan pentingnya terhadap setiap kegiatan industri pembangunan. Hal ini dikarenakan, alat ini dapat bergerak secara leluasa.


Sehingga memberikan keuntungan langsung dari segi efisiensi waktu dan penggunaan. Tidak membutuhkan perangkat outrigger untuk bisa dijadikan transportasi sekaligus pengangkatan muatan atau objek berat lainnya.


Kapasitas bebannya juga terbilang besar, namun Anda juga masih dapat memilih ketentuannya berdasarkan kebutuhan. Crawler crane juga bisa melewati berbagai jalan ekstrim pada area konstruksi.


Ada pembeda paling terlihat antara alat ini dengan beberapa jenis alat crane lainnya. Pertama, Anda dapat langsung mengenali dari bentuk rodanya yang menyerupai kelabang atau roda rantai (crawler).


Kedua, umumnya, jenis crawler crane ini lebih mampu mengangkat barang berat secara stabil karena sistem dari struktur booming kisi (lattice). Memanfaatkan rangkaian utamanya sebagai tumpuan penahan beban.


Selain itu, struktur dari alat ini sendiri dapat dibongkar pasang. Sehingga ketika membutuhkan pengecekan secara berkala untuk mengantisipasi kerusakan sangat mudah dilakukan.


Cara kerja dari crawler crane sangat sederhana, alat ini bergerak dan merayap menggunakan trek yang sudah tersedia. Operator, atau penggunanya berada di dalam sebuah ruangan kecil bernama superstructure.


Kerja cepat alat ini memungkinkan suatu proyek selesai sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan. Terlebih, material apa saja dapat dipindahkan bebas dengan mengikuti arahan titik tepatnya.


Fungsi lainnya, crane ini memiliki kemampuan sebagai katrol. Komponen yang menjadi dasar pengoperasiannya menggunakan sistem hidrolik. Bergerak dengan bantuan udara serta sistem pneumatic.


Cara Kerja Crawler Pada Proyek Pembangunan


Melengkapi pembahasan sebelumnya tentang sekilas cara kerja crawler crane, kini Kami akan menjabarkannya lebih rinci. Ada tiga aturan dasar yang dimiliki oleh alat ini, yaitu, bergerak, memutar dan mendongkrak.


Lalu cara geraknya menyertakan prinsip keseimbangan beban, kekuatan mesin, serta kemampuannya berputar hingga 360 derajat. Tegangan tali dan pengait diperuntukan sebagai penunjang salah satu fungsi utama yang dimiliki.


Bagian bawah dan bagian atas pada alat ini merupakan tumpuan bergeraknya yang terhubung langsung oleh lempeng putar. Sehingga memungkinkan alat berat ini merayap secara vertikal.


Ketika proses pengangkatan beban di mulai, maka motor akan bergerak atau berputar. Hal ini berdampak pada kabel baja yang sudah terhubung pulley menjadi terulur dan tertarik.

Selanjutnya, material beban yang terpasang untuk dipindahkan akan mengikuti arah putar mesin. Tenaga hidrolik menjadi dasar penghubung pada swing motor untuk bisa berputar.


Ada banyak jenis dengan beragam bentuk untuk alat berat ini. Anda bisa memahami terlebih dahulu masing-masingnya bila ingin menggunakan jasa suatu vendor atau perusahaan.


Menganalisa dari segi kapasitas beban dan fungsinya dapat mempercepat serta memperlancar proyek Anda selesai. Dengan kecanggihan inovasi, segala aktivitas manusia bisa jauh lebih dipermudah. Crawler crane merupakan sebuah alat heavy duty yang dapat dijadikan solusi pengangkatan objek berat pada sebuah pembangunan suatu proyek besar.


コメント


bottom of page