top of page

Inilah yang Dimaksud dengan Panel Listrik dan Apa Saja Kegunaannya


Panel adalah istilah umum yang merujuk kepada sekelompok orang yang terpilih dan yang dianggap ahli serta dapat mewakili pendapat umum tentang suatu masalah di hadapan pemirsa/hadirin atau pendengar. Nah istilah panel identik dengan diskusi, debat terbuka, dan persidangan di pengadilan atau Mahkamah Agung atau Mahkamah Konstitusi. Jadi itulah sebabnya kemudian muncul istilah diskusi panel dan panel hakim.


Selain pada pengertian mengenai hukum atau yang lain, panel juga ada pada pengertian yang berkaitan dengan kelistrikan, alias bisa disebut sebagai panel listrik. Nah oleh karena itu, melalui artikel ini pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan pengertian mengenai panel listrik, begitu juga dengan kegunaannya, yang mana tentu saja itu bermanfaat bagi Anda. Maka dari itu, langsung saja Anda simak artikel ini selengkapnya!


Inilah yang Dimaksud dengan Panel Listrik

Panel listrik adalah suatu benda berbentuk kubus dengan berbagai ukuran ataupun bervariasi, yaitu dengan sebelah sisi yang dibuat lubang selebar hampir sama dengan belakangnya. Nah itu kemudian nantinya akan di baut dengan baut penutup, layaknya sama dengan daun pintu. Tujuannya agar bisa dibuka dan ditutup, lalu kemudian didalam panel tersebut terdapat papan yang dikaitkan dengan sisi belakang pintu yang juga dipakai baut yang nantinya papan tersebut dapat dilepas dan dipasang kembali.


Nah pada umumnya, panel listrik adalah sebuah benda yang juga bisa terbuat dari plat besi dengan ketebalan 0,5-1 mm. Kemudian biasanya itu akan disesuaikan dengan ukuran atau besarnya panel, yang nantinya papan tersebut akan digunakan sebagai tempat pemasangan komponen-komponen listrik. Tentunya panel listrik yang dibuat memiliki kegunaan, ditambah lagi dengan manfaat serta tujuannya yang memang akan selalu berkaitan dengan rangkaian listrik atau kelistrikan di suatu tempat, baik itu rumah, kantor, dan sebagainya.


Beberapa Macam-Macam Panel Listrik yang Umum

  • Main Distribution Panel (MDP): Merupakan jenis panel listrik yang berfungsi untuk membagi dan menerima suplai listrik dari LVMDP. Lalu kemudian mensuplaynya menuju ke panel listrik yang selanjutnya.

  • Panel Capacitor Bank: Adalah sebuah komponen panel listrik yang dihubungkan atau wiring secara paralel atau seri antara power bank 1 dengan power bank lainya untuk mengejar kVAR. Tidak hanya itu, ia juga bisa membuat dan menghilangkan sebuah tegangan semu atau beban induktif yang disebabkan oleh sebuah belitan lilitan atau electro motor.

  • Panel Change Over Switch (COS): Merupakan jenis panel listrik manual yang digunakan dalam 2 jenis, yang mana satu memiliki tombol yang mampu bergerak dan yang kedua mampu menangani switch changeover.


Inilah Kegunaan dan Fungsi dari Panel Listrik

Berikut adalah kegunaan atau fungsi dari panel listrik:

  • Fungsi dari panel listrik adalah untuk menempatkan komponen listrik sebagai pendukung dari mesin-mesin listrik, yang mana itu agar bisa beroperasi sesuai dengan prinsip kerja dari mesin listrik itu sendiri.

  • Panel listrik juga bisa mengamankan komponen listrik supaya terlindungi dari pengaruh di sekelilingnya.

  • Kemudian ada juga fungsi atau kegunaannya dalam menata komponen atau rangkaian listrik agar terlihat rapi dan aman.

  • Panel listrik adalah sebuah alat atau perangkat yang memang sudah jelas memiliki fungsi untuk membagi, menyalurkan dan kemudian mendistribusikan energi listrik dari sumbernya (pusat) kepada konsumen (pemakai).

  • Fungsi panel listrik yang utama berikutnya adalah sebagai sumber distribusi energi listrik dari pusat kepada konsumen atau pemakainya.

  • Tujuan dibuat panel listrik sendiri adalah agar itu bisa memudahkan dalam pengoperasian mesin-mesin listrik.

  • Panel listrik bisa juga berperan sebagai indikator mesin ketika mesin itu beroperasi maupun sedang beroperasi, yang mana itu dapat dilihat pada indikator yang terpasang di panel tersebut.

Jadi itulah pengertian dari panel listrik dan juga apa saja yang menjadi kegunaannya. Kiranya jadi manfaat bagi Anda semua, terutama terkait dengan pengenalan pada panel listrik. Jika Anda ingin memiliki Genset, maka rekomendasi dari kami yang terbaik serta berkualitas adalah Genset Tenka. Nah Genset Tenka bisa Anda ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page