top of page

Informasi Lengkap Tentang Monorail Crane dan Kegunaannya



Monorail itu merupakan sistem laju yang menggunakan rel tunggal, yang mana biasanya ada pada sistem atau jalur tunggal. Nah biasanya, sistem pada monorail sering digunakan pada pemakaian sistem transportasi bandar udara, dan juga digunakan pada sistem metro dengan kapasitas penumpang sedang. Namun selain transportasi, monorail juga ternyata juga dimiliki oleh Crane, yang mana itu membuatnya menjadi Monorail Crane.


Bagi anda yang masih belum tahu dan mengerti apa itu monorail crane, maka anda bisa simak artikel ini selengkapnya. Tidak hanya pemahaman tentang monorail crane, di artikel ini juga kami akan sertakan kegunaannya yang perlu anda ketahui, guna menambah wawasan anda tentang jenis crane. Maka dari itu, langsung saja anda simak artikel ini selengkapnya!

Mengenal Monorail Crane dan Kegunaannya yang Perlu Anda Ketahui dan Simak

Monorail crane merupakan salah satu jenis crane yang ada dan cukup sering digunakan pada beberapa tempat. Dan monorail crane sendiri adalah crane yang memiliki bentuk konstruksi, dimana crane tersebut tidak ada pergerakan dari girder. Jadi monorail crane hanya memiliki 1 rail atau beam tempat hoist bergerak ke kiri dan ke kanan sepanjang rail atau beam tempat hoist itu menggantung.


Lebih jelasnya, monorail crane itu adalah jenis alat bantu angkat atau crane yang memang didesain untuk menjangkau area tertentu saja, seperti pada workstation, hingga juga bisa pada assembly line. Nah crane jenis ini, tidak seperti jenis crane lain, karena pergerakan dari monorail crane hanya mencakup 4 pergerakan, yaitu ada pergerakan naik, turun, maju hingga pergerakan mundur.


Pergerakan menaikkan dan menurunkan beban bisa menggunakan mesin hoist, sedangkan pergerakan maju mundur menggunakan trolley, bisa itu trolley electric, hand push trolley, atau bisa juga dengan geared trolley. Pada mesin hoist & trolley akan digantungkan pada bagian bawah atau bottom flange runway beam, dan itu bisa menggunakan wide flange (WF), H-Beam, maupun INP. Runway beam (jalur), yang memang bisa didesain sesuai kebutuhan para pemiliknya.


Kegunaannya sendiri berbeda dengan beberapa crane lain, karena monorail crane hanya ada dalam satu runway beam yang dapat menggunakan beberapa hoist, lalu ada juga runway yang dapat diinstal langsung pada struktur atap ataupun free standing. Dengan ditambah semuanya itu menggunakan runway yang lurus, alias ciri khas dari monorail crane itu sendiri.


Tentunya akan banyak kemudahan atau keuntungan saat anda menggunakan monorail crane, seperti ia mudah diinstal, karena hanya membutuhkan 1 runway beam, lalu pada jalur hoist akan mudah disesuaikan dengan kebutuhan lini produksi, sehingga akan cukup efektif dalam penggunaannya. Nah yang paling menarik, yaitu biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah dibandingkan overhead crane, meskipun itu dengan area coverage yang jauh lebih kecil.


Dan begitulah segalanya yang perlu anda ketahui tentang monorail crane. Tentunya membuat anda semakin tertarik dengan crane bukan? Nah jika memang demikian, maka crane yang kami rekomendasikan kepada anda semua adalah Elephant Crane and Hoist, yang mana itu bisa anda miliki dan ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Jadi sekian sudah artikel yang mengandung pembelajaran monorail crane pada kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi anda, terutama bisa membuat anda semakin mengenal dengan monorail crane. Dan anda bisa bagikan artikel ini kepada yang lainnya menggunakan media yang ada dan tersedia, hal itu agar mereka juga bisa mengerti dan mengenal monorail crane dari pembahasan kami di artikel ini.

Comments


bottom of page