top of page

Alat Las Listrik: Fungsi dan Manfaat dalam Industri Pembuatan



Tentunya banyak yang memang sudah mengetahui bahwa besi bisa disambungkan dengan cara melakukan proses las, atau dalam bahasa lainnya adalah welding. Pengelasan sendiri merupakan teknik penyambungan logam dengan cara mencairkan sebagian logam induk dan logam pengisi, yakni dengan atau tanpa tekanan dan dengan atau tanpa logam penambah dan menghasilkan sambungan yang kontinu.


Dalam pengerjaan las atau pengelasan, selain teknik yang memang perlu dikuasai, ada juga peralatan las yang memang sudah menjadi kewajiban dalam melakukan kegiatan las. Karena tanpa alat las, maka bagaimana bisa menyambungkan logam? Nah untuk melakukannya bisa dengan menggunakan beberapa peralatan, seperti salah satunya yang memang umum dan biasa ada pada pengerjaan las, yakni alat las listrik.


Mengenal Lebih Dekat dengan Alat Las Listrik yang Berguna dalam Industri Pembuatan


Apa itu Alat Las Listrik?

Alat las listrik pada dasarnya adalah mesin las pada umumnya, yakni suatu alat industri yang digunakan oleh welder atau tukang las untuk melakukan pengelasan atau penyambungan material industrial yang berbahan besi, tembaga, dan lain sebagainya. Alat tersebut memang bisa melakukannya karena mesin las dapat menghasilkan panas yang melelehkan material pengelasan agar dapat di sambungkan. Namun perlu diketahui, bahwa tidak semua mesin las cocok untuk semua pengerjaan proyek las.


Untuk alat las listrik sendiri, dia adalah alat dari penggabungan antara dua buah bahan material yang menggunakan tenaga listrik, yang mana itu disebabkan oleh arus voltage yang tinggi yang memang menghasilkan sengatan listrik yang kecil (mini lightning bolt) antara elektroda pengelasan dan proyek pengelasan. Tentunya sengatan listrik tersebut meningkatkan temperature material sampai ke titik leleh dan di lelehkan kebagian pengerjaan material yang ingin di sambungkan.


Proses pengelasan dengan mesin las listrik dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa metode pengelasan, seperti manual, semi-automatic, automatic dan penggabungan antara keduanya. Tujuannya itu jelas digunakan untuk menjaga konsistensi penyuplaian output listrik yang dikeluarkan oleh mesin las listrik tersebut. Tentunya meski agak berbeda dengan mesin las lain, tapi penggunaan dari alat ini pun juga harus ditangani oleh orang yang profesional atau setidaknya memahaminya.


Cara kerja dari alat ini yakni membentuk sebuah busur listrik yang mana busur ini terbentuk dari di aliran listrik yang dialiri ke elektroda, lalu elektroda akan bersentuhan dengan logam induk yang mana mengakibatkan terjadinya lelehan antara elektroda dan logam induk, atau lebih singkatnya pelelehan material yang disebabkan oleh aliran listrik. Ketika electrode ditarik dari induk logam, maka itu bisa menyebabkan adanya percikan percikan api, lalu dengan filler yang sudah meleleh dapat di gabungkannya dengan dua buah material logam.


Fungsi dan Manfaat Alat Las Listrik dalam Industri Pembuatan

Alat las listrik memiliki fungsi dan manfaat yang sangat berguna dalam hampir beberapa industri yang ada, seperti yang memang umum adalah industri pembuatan. Mengapa alat las listrik sangat berguna dalam industri pembuatan, itu karena alat las listrik dapat dipergunakan untuk:


  • Memperkuat material, karena melakukan pengelasan bisa memberikan kekuatan pada sebuah sambungan logam yang sama dengan logam induknya atau dasar logam tersebut.

  • Memberikan hasil yang permanen pada pembuatan suatu benda. Itu memang pastinya dibutuhkan oleh semua industri pembuatan. Dengan alat las listrik, maka hasil yang diberikan pun tidak hanya permanen sempurna, melainkan dalam prosesnya akan memberikan kemudahan bagi para pekerja atau welder.

  • Pada dasarnya alat las listrik adalah alat las yang bisa memberikan kemudahan bagi industri pembuatan, baik pada para pekerja atau orang yang mengurusi instalasi dari alat las listrik yang memang terkenal cukup mudah.


Itulah pengertian dari alat las listrik serta fungsi dan manfaatnya dalam industri pembuatan. Sekian dari kami, kiranya bermanfaat bagi Anda semua. Anda yang sedang mencari perkakas terbaik dan berkualitas, maka kami rekomendasikan itu pada perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa mengetahui lebih lanjut dengan mengunjungi IndahJaya.com


Comentarios


bottom of page